Perlu Manfaatkan Teknologi Tinggi

Jawa Pos, Selasa, 06 Mar 2007,

Sesuai PP nomor 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Air, sungai Kalimas yang semula golongan C telah disesuaikan menjadi kelas II. Menurut Plt Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Togar Arifin Silaban, kelas air tersebut memang multiperuntukan, termasuk untuk industri air minum.

“Tapi dengan catatan, pengelolaan air kelas II itu menggunakan teknologi tertentu sampai mutunya sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan,” kata Togar. Dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor: 907/Menkes/SK/VII/2002, tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, disebutkan batas-batas maksimal parameter air secara fisika maupun kimia. Misalnya, kadar deterjen, timbal, besi, dan bahan kimia lain. “Jika bahan baku air Kalimas diolah menjadi air minum untuk dikonsumsi, maka industri yang bersangkutan harus memenuhi ketentuan yang berlaku itu,” ujarnya.

Togar menambahkan, pemanfaatan sungai Kalimas sebagai bahan baku air bersih harus dilengkapi dengan dokumen perizinan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Pemprov, dan izin usaha dan izin (HO) gangguan dari pemkot. “Saya belum tahu pasti apakah PT SMC sudah mematuhi itu,” katanya.

Data yang masuk ke Komisi C, PT SMC memang sudah mengantongi izin dari Dina PU Pengairan, izin usaha, maupun izin gangguan. Izin dari PU Pengairan bernomor: 503.611.24/ 6435/120/2006. Namun, izin tersebut bukan untuk pengelolaan air minum. Melainkan pengambilan dan pemanfaatan air permukaan di wilayah Perum Jasa Tirta. Izin gangguan juga ada dan ditempel di depan pintu usaha.

Agus Sudarsono, sekretaris Komisi C DPRD Surabaya mengatakan, pihaknya sudah mencoba menanyakan ke BPLH bahwa yang dimaksud alat tertentu untuk bisa mengola air kelas II menjadi air minum itu bernama RO (reverse osmosis). Teknologi itu harganya sangat mahal karena bisa menjadikan air asin menjadi tawar. Untuk fasilitas pengelolaan air milik SMC, dia menilai sangat sederhana. (hud)

http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=274532

One thought on “Perlu Manfaatkan Teknologi Tinggi

  1. Pingback: Silaban Brotherhood

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s