Penerimaan Siswa Baru 2007 Surabaya

Penerimaan Siswa Baru (PSB) 2007 untuk SMP dan SMU di Surabaya baru saja berakhir. Sistem yang dirancang dengan dukungan komputer internet PSB SBY online  menyisakan beberapa kelemahan.

Sistem PSB untuk SMU di Surabaya dibagi atas Rayon dan Sub-Rayon. Satu sub-rayon ada yang terdiri dari 2 SMU dan ada yang 4 SMU. Sebagai contoh untuk Sub Rayon-2 di Surabaya Pusat terdiri dari SMAN-5 dan SMAN-9.

Hal konyol dan tidak masuk diakal, akan bisa dicermati melalui contoh nyata dibawah ini.

Berdasarkan pengumuman di internet, hasil SMAN-5 menunjukkan bahwa Nilai Ujian Nasional (NUN) tertinggi adalah 30,00 dan NUN terrendah adalah 28,60. Berdasarkan hasil SMAN-9 menunjukkan bahwa NUN tertinggi untuk SMAN-9 adalah 28,60.

Setelah pendaftaran reguler pada hari Kamis 12 Juli 2007 ditutup, kemudian ternyata bangku kosong di SMAN-5 adalah 3 buah dan di SMAN-9 sejumlah 4 seperti ditunjukkan dalam internet di bangku kosong sehingga total bangku kosong sub-rayon-2 adalah 7 buah. Detail Bangku kosong sub-rayon-2 sejumlah 7 buah dengan nilai tertinggi adalah Daniel Tonggi Parulian dengan Nilai Ujian Nasional (NUN) 28,47 dan nilai terrendah adalah Evania Nita Oetama dengan NUN 25,4. Daniel Tonggi Parulian dengan memilih pilihan 1 di SMAN-5.

CATATAN: Ada kemungkinan links diposting ini tidak seterusnya tersedia, karena itu data (isi) link tersebut dituliskan secara umum.

Kriteria diterima atau tidaknya siswa di sekolah yang dituju adalah berdasarkan Nilai Ujian Nasional (NUN), sehingga seharusnya 3 buah bangku kosong di SMAN-5 diisi dari peserta yang diurut dari daftar bangku kosong berdasarkan NUN tertinggi. Karena itu Daniel Tonggi Parulian yang seharusnya mengisi bangku kosong di SMAN-5, karena dia memiliki NUN tertinggi di daftar bangku kosong Sub-rayon-2 dan memilih ke SMAN-5.

Akan tetapi setelah akan didaftar ke SMAN-5, Daniel tidak diterima dan disuruh mendaftar ke SMAN-9. Menurut petugas di SMAN-5, pengisian bangku kosong di sub-rayon-2 dilakukan di SMAN-9.

Kemudian Daniel menuju SMAN-9. Menurut penjelasan dari Kepala Sekolah SMAN-9, pengisian bangku kosong di SMAN-5 dilakukan dengan mengambil siswa yang sudah diterima di SMAN-9 tetapi pilihan pertamanya adalah SMAN-5. Jadi yang siswa yang sudah diterima di SMAN-9, dipindahkan 3 orang ke SMAN-5 yaitu Aisyah Fitri (NUN 28,60), Raymond Lamhot Sinaga (NUN 28,20) dan Mohammad Farid Naufal (NUN 28,20). Daniel tidak diperbolehkan mengisi bangku kosong di SMAN-5.

Akhirnya SMAN-5 dengan pagu 267 siswa diisi dua siswa dengan NUN sebesar 28,20, sementara Daniel dengan NUN 28,47 tidak diterima di SMA-5.

Ini aneh tapi nyata.

Sistem PSB yang demikian tentu tidak masuk akal dan tidak dapat dibenarkan. Ketika diminta penjelasan ke SMAN-5 dan SMAN-9, petugas dan kepala sekolah mengatakan bahwa itu sudah aturan dari Dinas Pendidikan. Ketika diminta penjelasan dari Dinas Pendidikan, dikatakan bahwa itu sudah aturan PSB.

Masalahnya adalah bahwa kemudian ternyata aturan yang dibuat tidak konsisten dan tidak masuk akal. Bagaimana mungkin siswa yang memiliki NUN 28,20 diterima sementara siswa dengan NUN 28,47 tidak diterima di SMAN-5.

….. ITULAH INDONESIA…..

3 thoughts on “Penerimaan Siswa Baru 2007 Surabaya

  1. Anak SDN pacarkeling V Surabaya memang luar biasa.
    Mereka ranking 16 s/d 25 di pendaftaran SMPN 1 Surabaya.
    Mulai Hariadi hingga Novri. Sepuluh anak nilainya puu..ersis sama, gak ada mlesetnya.
    Bahasa Indonesia : 9.60
    Matematika : 9.75
    IPA : 9.75
    Jumlah Nilai : 29.10
    Selamat Ya.. Buat Guru2 dan Kepala Sekolahnya!!!

    Salam,
    Prihatin.

    Like

  2. Commetn Bu DInar,….nanti di SMPnya akan terlihat kemampuan yang sebenarnya….Kalo begitu kasian anak2nya….ni ambisi anak or ortu???

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s