Asia Pacific Network for Climate Change

Sejumlah lembaga internasional diantaranya OECC (Overseas Environmental Cooperation Center), Ministry of Environment of Japan, Ministry of Natural Resources and Environment of Thailand, UNESCAP, dan Australian Greenhouse Office akan mensponsori Seventeenth Asia-Pacific Seminar on Climate Change dengan mengambil topic “Good Governance for Climate Change and Development Co-benefits Innovation and Integrated Adaptation to Climate Change. Topiknya sangat panjang, namun sangat relevan dengan perkembangan lingkungan hidup saat ini. Penyelenggara AP-Net menjadi host dari Seminar. 

Pelaksanaan seminar ini saya nilai sangat faktual dengan kondisi perubahan iklim yang saat ini terjadi. Karena itu pula saya merasa beruntung diundang untuk menghadiri seminar yang dihadiri oleh peserta dari sejumlah negara di Asia Pacific. Dari Indonesia, selain Surabaya, akan hadir pula Bappenas yang diwakili oleh Bp. Medrilzam, dan kota Bogor diwakili oleh Bp. Hari Sutjahyo. Saya akan presentasi tentang rencana Surabaya melaksanakan CDM untuk proram komposting Takakura.

Materi yang akan dibicarakan cukup banyak dan dibahas dari berbagai aspek. Karena itu pula seminar akan berlangsung sampai hari Jumat 4 Agustus 2007. Dengan materi yang sangat padat, memang cukup ketat untuk mengikuti dan mencerna semua bahan yang disampaikan.

Sejumlah ahli dari berbagai lembaga internasional akan memberikan pandangan tentang upaya  untuk antisipasi terhadap perubahan iklim yang terjadi. Karena acara belum dimulai, maka saya ini belum bisa menjelaskan isi dari seminar. Saya akan menulis lagi tentang AP-Seminar ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s