Kekuatan Topan Dean Naik Menjadi Kategori 5

Kompas, 22 Agustus 2007

Produksi Minyak dan Gas Alam Turun
Cancun, Selasa –

Setelah melewati Jamaika, topan Dean menguat menjadi kategori lima dan menyapu pantai Meksiko, Selasa (21/8). Ribuan wisatawan meninggalkan Mayan Riviera, pantai di Semenanjung Yucatan. Gelombang laut mencapai ketinggian empat hingga enam meter dan air laut mulai masuk ke daratan.  Topan Dean membawa angin yang berputar-putar dengan kecepatan hingga 270 kilometer per jam dan bergerak menuju barat laut Semenanjung Yucatan hingga ke bagian selatan Teluk Campeche. Pusat topan mendarat di Majahual, pelabuhan yang terkenal dengan jalur kapal pesiar, 65 kilometer di timur laut Chetumal dan di perbatasan Meksiko dengan negara Belize.

Ancaman topan Dean menyebabkan Presiden Meksiko Felipe Calderon mempersingkat kunjungan ke Kanada dan segera kembali ke Meksiko. Calderon berencana mengunjungi daerah terkena topan. Peringatan topan Dean mulai berpengaruh di daerah sepanjang kota wisata Cancun hingga ke selatan melewati Belize dan pantai barat Yucatan. Pemerintah Belize mengevakuasi warga di Caye Caulker dan Ambergris Caye, dan memerintahkan penduduk untuk meninggalkan dataran rendah. Jam malam diberlakukan dari Belize City hingga perbatasan Meksiko. Wali Kota Belize City Zenaida Moya mendesak warga meninggalkan Belize City karena tidak ada tempat yang cukup kuat untuk berlindung dari amukan topan.

Dalam tiga hari terakhir, Pemerintah Meksiko telah mengevakuasi 50.000 orang melalui jalur penerbangan dari berbagai daerah di Semenanjung Yucatan. Polisi dan tentara berpatroli untuk mengawasi pemberlakuan jam malam. Meskipun tidak terkena pusat topan, wilayah Cancun tetap siaga karena angin kencang yang dibawa topan Dean berpotensi menimbulkan kerusakan. Cancun belum pulih sepenuhnya dari kerusakan akibat topan Wilma yang menghantam wilayah itu tahun 2005. Topan Wilma menimbulkan kerugian hingga tiga miliar dollar AS.  Topan Dean mengancam penduduk suku Maya yang paling rentan terkena dampak topan kategori lima tersebut. Mereka masih tinggal di rumah-rumah tradisional dari kayu di dataran rendah sepanjang Semenanjung Yucatan.

Kerugian besar

Akibat ancaman topan Dean, perusahaan minyak Petroleos Mexicanos memutuskan untuk menghentikan produksi pengeboran minyak lepas pantai di Teluk Campeche. Diperkirakan, kehilangan produksi minyak mencapai 2,7 juta barrel per hari, sedangkan kerugian produksi gas alam mencapai 2,6 miliar kaki kubik per hari. Harga minyak dunia turun, Selasa, karena topan menyebabkan masyarakat menghemat pemakaian energi di Amerika Serikat, konsumen terbesar minyak mentah dunia.

Meskipun tidak terkena dampak langsung topan Dean, 10 anjungan minyak dan 24 pengeboran minyak lepas pantai di Teluk Meksiko, yang masuk wilayah AS, dievakuasi. Para pengamat mengatakan, topan Dean diperkirakan melemah setelah menyeberangi Semenanjung Yucatan. Namun, topan Dean bisa kembali menguat karena bersentuhan dengan perairan hangat di Teluk Meksiko sebelum menuju Meksiko bagian utara, Rabu.

Meksiko bagian tengah diperkirakan menjadi tujuan topan Dean berikutnya. Lingkaran luar topan yang membawa hujan dan angin kencang juga bisa mencapai selatan Texas. Di ujung selatan Texas, otoritas mulai membagikan karung pasir di kota South Padre Island. Penduduk juga diperintahkan untuk siap-siap dievakuasi. “Misi kami sangat sederhana, yaitu membawa warga keluar dari zona berbahaya di sepanjang garis pantai Texas,” kata Johnny Cavazos, Kepala Kantor Keadaan Darurat Kabupaten Cameron.

Kawasan Amerika Latin termasuk kawasan langganan topan besar. Selain topan Wilma dan topan Dean yang mencapai kategori lima, kawasan ini pernah dilanda topan Mitch tahun 1998 yang menyebabkan 11.000 orang tewas dan 8.000 orang lainnya hilang, sebagian besar di Nikaragua dan Honduras. (ap/afp/reuters/fro)

Source click here

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s