Bencana Naikkan Claim Asuransi

Kompas, 11 September 2007
Pemanasan Global
Bencana Naikkan Klaim Asuransi Tiga Kali Lipat

Zurich, Senin – Perusahaan reasuransi terbesar di dunia, Swiss Re, Senin (10/9) di Zurich, Swiss, menyatakan, klaim kerusakan akibat bencana alam kemungkinan besar akan naik tiga kali lipat pada tahun 2007. Industri asuransi global telah menerima klaim pertanggungan total senilai 12 miliar dollar AS (sekitar Rp 111 triliun) pada 2006. Diperkirakan pada tahun 2007 ini total klaim menjadi 35 miliar dollar AS (sekitar Rp 315 triliun).

Jumlah klaim yang terjadi pada 2006 juga sudah dianggap mencengangkan oleh industri asuransi. Tahun 2006 dianggap sebagai tahun yang “agak tenang” dari segi jumlah klaim asuransi walau bencana alam telah pula menyebabkan kerusakan besar-besaran di berbagai negara. Jumlah tagihan itu bukan merupakan total kerugian sedunia. Itu hanyalah nilai klaim yang dilakukan masyarakat di negara maju yang sudah terbiasa menggunakan polis asuransi. Total kerugian global akibat bencana jauh melebihi angka tersebut. Masalahnya, masih banyak warga di dunia yang tidak memiliki polis asuransi dan tidak tahu harus ke mana mengais dana untuk membangun kembali kehidupan mereka.

Jalan menuju katastrofa

Swiss Re menyatakan bahwa prediksi kenaikan klaim tersebut menandai sebuah kelanjutan dari “dalam jangka panjang akan terjadi klaim yang disebut sebagai katastrofa”. Itu adalah julukan bagi kemungkinan terjadinya klaim yang jumlahnya luar biasa pada tahun-tahun mendatang. Kerugian terburuk sepanjang sejarah industri asuransi juga sudah terjadi pada 2005. Pada tahun ini total klaim mencapai 88 miliar dollar AS (sekitar Rp 792 triliun). Sekitar 88 persen dari total klaim 2005 ini terjadi di Amerika Serikat saja, antara lain karena kerusakan akibat topan Katrina.

Untuk Swiss Re, eksekutif utama Jacques Aigrain mengatakan, kondisi keuangannya masih terbilang kuat setidaknya dalam setahun ke depan. Namun, itu dengan asumsi bahwa bencana tidak akan terjadi secara luar biasa. Aigrain memberikan pernyataan menjelang awal dari munculnya musim topan di Atlantik Utara dan Karibia, yang baru saja menghadapi topan Dean dan topan Felix. Dua topan ini mencapai status tertinggi dalam kategori topan, yakni kategori lima yang daya rusaknya luar biasa.

Klaim pada industri asuransi, secara normal, hanya kecil dibandingkan dengan besaran ekonomi. Meski demikian, klaim terus meningkat pesat, terutama di negara-negara maju yang masyarakatnya sudah terbiasa dengan penggunaan produk asuransi. Hal ini juga telah meningkatkan beban biaya bagi industri asuransi. (AFP/MON)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s