//
you're reading...
Hobby

Gemuruh Gelombang Cinta

Sekitar empat tahun lalu, istri saya meminta sebuah tanaman hias dari mertua saya di Jakarta untuk dibawa ke Surabaya. Pada waktu itu saya melihat tanaman itu memang unik, mertua saya bahkan tidak tau nama tanaman itu. Tanaman itu sempat hampir mati, daunnya tinggal selembar, sehingga saya pindahkan dari kamar tamu kehalaman samping. Entah karena diluar, dia tumbuh berkembang lagi, tapi kami merawatnya seadanya saja. Baru awal bulan Agustus lalu, ketika istri ke Malang, jalan-jalan ke salah satu nursery, dan lihat tanaman yang sama dengan yang kami punya, ternyata namanya Gelombang Cinta. Dan yang mengagetkan istri saya, gelombang cinta dengan ukuran yang seperti kami punya harganya sekitar Rp. 1.500.000,-

Sewaktu istri saya bilang bahwa tanaman kami harganya sekitar 1,5 juta rupiah, saya semula agak ragu. Baru setelah awal September ini saya mampir ke pameran tanaman hias di Surabaya, saya melihat sendiri, bahwa Gelombang Cinta dengan daun sebanyak 10 lembar dan panjang daun sekitar 40 cm, memang harganya sekitar 1,5 juta rupiah. Saya geleng-geleng kepala tidak habis pikir melihat harga tanaman hias pada pameran itu.

Gelombang Cinta (Waves of Love) termasuk tanaman kelompok Anthurium yang belakangan ini memang sedang meroket pamornya dan harganya luar biasa. Kelompok Anthurium yang lain, Jenmanii, lebih gila lagi. Pada pameran kemarin saya melihat sebuah Jenmani dengan daun sebanyak 6 lembar dan panjang daun sekitar 12 cm, ditawarkan dengan harga Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah !!). Padahal disebelahnya ada tanaman kelompok Anthurium sejenis Jenmanii yang ukuran daunnya hampir 1,5 meter. Pada tag tanaman itu tidak dicantumkan harganya, tapi saya sudah tidak berminat menanyakan harganya. Karena pasti akan mahal sekali. Pada stan lain, saya melihat Black Beauty, kelompok Anthurium yang lain dengan tinggi sekitar 40 cm dan daun sebanyak 7 lembar ditawarkan dengan harga Rp. 25.000.000,-.

Sejak tau bahwa tanaman kami harganya termasuk mahal, sekarang istri saya rajin merawat Gelombang Cinta tersebut. Media tanaman sudah kami ganti dengan campuran sekam bakar dan serabut pakis, ditambah pupuk organik penemuan Sahputra. Beberapa hari lalu, bunga bakal biji sudah keluar, sehingga tanaman itu sudah bisa menjadi induk untuk pembibitan. Bila bunga pertama ini berhasil dikembangkan menjadi biji, bisa menjadi penghasilan tambahan. Karena harga bibit dengan dua lembar daun berukuran 1 (satu) sentimeter sudah berkisar Rp. 25.000,-.

Harga tanaman hias belakangan ini memang rasanya tidak masuk akal. Meningkatnya harga itu selain dikarenakan kelangkaan dan sulitnya untuk mengembangkan, menurut saya lebih dipacu oleh “pengkondisian psikologis” oleh kolektor tanaman hias. Rasanya sulit membayangkan harga tanaman Black Beauty senilai 20 jutaan. Bentuknya tidak terlalu jauh dari keladi yang biasa dibudidayakan petani. Ketika ada kolektor nyentrik yang karena rasa penasarannya berani menawar harga sangat tinggi untuk sebuah tanaman hias. Maka penawaran kolektor itu dijadikan patokan untuk harga umum tanaman hias. Menurut saya ini agak keterlaluan, tetapi dari pameran ke pameran “pengkondisian psikologis” itu seolah terbangun, bahkan para pengelola nursery ikut menambah kegilaan harga tanaman hias.

Sampai kapan Gelombang Cinta akan terus bertahan di papan atas tanaman hias di Indonesia. Waktu akan mencatat. Apakah mekanisme harga pasar tanamn hias yang seperti itu akan bertahan lama. Akankah Gelombang Cinta bergelombang turun naik mengikuti arus jaman tanaman hias?.

About Togar Silaban

Togar A. Silaban is a father of Daniel and Dennis, husband to Maya Situmeang. He is a cardiovascular survivor, enjoy gardening and reading. Silaban is living both in Surabaya and Jakarta, Indonesia.

Discussion

21 thoughts on “Gemuruh Gelombang Cinta

  1. pak, apakah anda tau harga anthurium jenis jemanii di luar negeri?? karena saya curiga kalau para pedagang itu cuma mempermainkan harga ( mengandalkan asumsi pembeli : yang mahal itu berarti langka, mewah, dsb)kalau sudah tau, tolong kirim ke email saya:
    mad_joe_keren@yahoo.co.id

    Like

    Posted by johan | 05/10/2007, 13:29
  2. Saya kira para pedagang dan “kolektor” itu memang yang mengkondisikan harga. Mereka menentukan harga, seolah-olah seorang kolektor sudah membeli dengan harga yang tinggi sekali. Kemudian di pameran disebut sudah laku 5 juta misalnya, padahal dibawah tangan harganya ya biasa saja. Ini kemungkinan saja.

    Like

    Posted by dennishasian | 09/10/2007, 08:53
  3. pak bagaimana cara merawat bunga gelombang cinta itu?

    Togar:
    Terus terang saya juga pemula dalam merawat Anthurium. Ketidak tauan saya selama hampir 4 tahun punya Anthurium Gelombang Cinta. Menurut para nursery, yang penting Gelombang cinta diletakan pada tempat yang teduh tidak terlalu banyak sinar matahari. Karena Gelombang Cinta suka pada media lembab, maka harus disiram secara rutin (sekali dua hari), tapi supaya tidak “becek” karena terlalu sering disiram, maka medianya harus poros, karena itu dipilih media dari bahan pakis, atau sabuk kelapa yang dirajang. Tentu perlu ditambah dengan bahan pertumbuhan. Supaya daunnya bagus ya perlu pupuk daun, dan penjaga hama. Keindahannya kan pada daunnya.

    Like

    Posted by joko | 15/10/2007, 10:38
  4. BILAH ANDA INGIN MEMBELI BUNGA JEMANII COBRA .SEBESAR 35 CM DIJUAL SEBESAR RP 190 JUTAH
    HARAP MENGHUBUNGI KANTOR POLISI TERDEKAT DARI RUMAH ANDA OOOOOOKKKKKKKK

    Like

    Posted by W.AJI.P | 28/12/2007, 15:07
  5. Terima kasih atas informasinya, yang jadi masalah ukuran persis media yang diperlukan, bahan apa dan berapa perbandingan antara bahan yang satu dg yang lain, suhu berapa pertumbuhan yang optimal, pupuk apa saja yang dapat digunakan, dan cara penggunaanya, hama penyakit apa saja yang sering kita temui, dan obatnya. Terima kasih

    Like

    Posted by syamsul arifin | 31/12/2007, 06:39
  6. Volume media yang digunakan tergantung besarnya tanaman, lagipula pot yang terlalu besar (volume media besar), akan kurang manis dipandang. Sebaliknya kalau pot terlalu kecil (volume media kecil), juga tidak elok kelihatannya.
    Setelah saya menggunakan media pakis sekitar 4 bulan lalu, Gelombang Cinta milik saya tumbuh subur, ukuran daunnya semakin besar. Dengan media pakis itu kayaknya pertumbuhannya cukup baik, sejauh ini saya belum menambahkan pupuk.
    Dihabitat aslinya di hutan dia tidak membutuhkan banyak sinar matahari dan biasanya kelembaban tinggi serta temperatur sejuk. Kalau kita tinggal di Jakarta atau Surabaya, berarti kondisi habitat asli itu kita dekati dengan penyiraman secara rutin dan penempatan di ruang yang tidak kena sinar matahari secara langsung.
    Tanaman saya belum pernah diserang penyakit, mungkin memang perlu didesinfektan selang beberapa waktu. Tapi yang utama mungkin kontrol kebersihannya sehingga tidak ada binatang pengganggu.

    Like

    Posted by togarsilaban | 04/01/2008, 09:00
  7. saya tertarik tentang anthurium dan aglo. tolong bisa kirim ke email tentang perawatan dari bentuk biji hingga dewasa, serta media tanam yang paling cocok untuk anthrium. mkc ::))

    Like

    Posted by dani | 12/01/2008, 05:25
  8. Gelombang cinta milik saya belum sampai menjadi biji, baru muncul calon bijinya saja. Pengalaman langsung saya minim dalam hal pembuahan biji. Banyak buku yang menjelaskan hal tersebut, pengetahuan saya terbatas dari buku-buku itu. Soal media sudah dibahas diatas.
    Terimakasih

    Like

    Posted by Togar Silaban | 15/01/2008, 08:55
  9. Setau saya tanaman hias ini harganya mengikuti trend. Lagi trend, yah mahal. Kalo ga trend, yah murah. Trus trend dipicu oleh mitos-mitos misalnya kira-kira 4 tahun yg lalu musimnya ephorbia. Harganya ga semahal anthurium sih… tp orang berlomba-lomba nanam ephorbia ini karena katanya bisa bawa rejeki. Mama saya ikutan koleksi banyak-banyak, padahal menurut saya, ga ada cantiknya sama sekali :(

    Like

    Posted by anastasia rajagukguk | 14/04/2008, 21:05
  10. Saya punya GelCin yang sudah besar kira2 harganya berapa ya? soalnya mau saya jual, thx

    Like

    Posted by uwinarno | 18/02/2009, 08:27
  11. sebenarnya apa ya yang membuat tanaman ini sangat mahal?

    Like

    Posted by rera | 26/10/2009, 03:18
  12. anthrium memang menjanjikan sesuatu yang menguntungkan bagi orang senang merawat bunga yang anggun itu,termasuk diriku senang merawat anthrium kembang ataupun daun. aku ingin punya anthriun jemani dimana ya bisa didapt bibitnya.

    Like

    Posted by Anna | 05/04/2010, 09:56
  13. aku punya anthrium 100 pot,udah besar lebar daunnya kira2 panjang daun 40 cm,lebar 10 cm.kalo dijual harganya berapa per potnya.

    Like

    Posted by Anna | 05/04/2010, 10:02
  14. saya punya orangtua, 2 tahun yang lalu membeli sekitar (kalau tidak salah) sampai 1000 an bibit dari anthurium. Seinget saya ada yang namanya GC, jenmani, king kobra, super nova, dll. Dulu sy tdk terlalu peduli dgn semua tanaman itu, sy pikir itu ngk rasional. Cuma namanya hobi orang tua, ya saya hanya mengikuti saya apa yg dia lakukan. Sewaktu itu mmg ada org yg merawatnya, dan dialah yg membuat orang tua sy smpai membeli 1000 an bibit itu. Karena suatu sebab, org yg mengaku jagonya tanaman anthurium itu, pergi dan kabur begitu saja. dan nasib tanaman or tu saya jadi terbengkalai sampai sekarang. Nah sekarang semua sudah pada besar tp ada bnyk yg rusak. Nah sekarang sy ingin mempelajari cara merawat tanaman “mahal” tersebut, supaya suatu saat bisa juga saya pasarkan dengan laku.

    Kalau menyiram nya apakah bs menggunakan selang biasa atau yg semprotannya jgn terlalu deras. sebaiknya brp hari sekali menyiramnya.

    Atau kalau ada yg tertarik, coba contact sy melalui email sy dulu terlebih dahulu. Sy pun sedang berusaha mendokumentasikan semua tanaman itu.

    Like

    Posted by joice | 07/04/2010, 17:23
  15. saya punya gelombang cinta yg pernah hampir sekarat krn di gigit belalang n ulat daun jd banyak yg robek. tapi pertumbuhannya bagus meskipn agag terlambat jg sih. sy tdk paham mengenai buahnya tapi ada yg tumbuh seperti jarum dan banyak butirnya apakah itu yg namanya buah dan trs gmana cara pengembangannya krn sy pengen banget mengembangbiakkan GELCIN krn suka sih. gmana dong bsa sy di bantu dong

    Like

    Posted by angger priyanto nugraha | 17/11/2010, 20:54
  16. aku kaget mendengar dan membaca harga-harga kembang setinggi ini. aku tidak perna berpikir bahwa harga kembang ini sangat mahal. kalau sekarang berapa ya harganya (anturium jenis gelombang cinta)?
    aku memiliki kembang anturium jenis gelombang cinta 3 pott dan sudah lumayan besar. satu batangnya memiliki 6 daun dan satu daun ukurannya 30 cm. mohon infonya, thx

    Like

    Posted by Rubis W. Piri | 19/03/2011, 13:50
  17. saya sih sudah lama kepingin sekali melihara bunga apa saja tapi cara merawatnya yang saya belum tahu, dan bagaimana cara meniram bunga yang benar, serta menghidarkan dari hama binatang yang suka makan daun bunga sehingga bunga tidak subur dan mekar, dan dari mana saya bisa mendapat biji-biji bunga yang banyak supaya bisa menanamnya secara rutin?

    Like

    Posted by Silvia Maria Amelia | 04/04/2011, 13:16
  18. tolong infonya dong?

    Like

    Posted by Silvia Maria Amelia | 04/04/2011, 13:19
  19. sekarang gelombang cinta sudah murah. aku beli karna suka aja liat daunnya

    Like

    Posted by syifa | 15/02/2012, 07:14

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Budidaya anthrium « my fantastic world - 11/06/2009

  2. Pingback: Budidaya Tanaman Anthurium « Ragam Informasi Tanaman Hias - 17/12/2009

Leave a Reply

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.
.
.

Join 216 other followers

Daisypath Anniversary tickers
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 216 other followers

