Demo Pemakaian Styrofoam

Monday, 17 September 2007
Surabaya – Surya

Lubang lapisan ozon pelindung bumi semakin terancam lebih besar lagi. Masyarakat sudah tidak peduli dengan keadaan ini meski tahu penyebabnya. Kampanye lingkungan bertema Selamatkan Lapisan Ozon! Stop Penggunaan Styrofoam! pun digelar Klub Tunas Hijau (KTH) di Taman Bungkul, Minggu (16/9).

Sekitar 100 aktivis menggelar poster berupa ajakan untuk membatasi pemakaian styrofoam, terutama yang masih mengandung zat CFC (Cloro Fluoro Carbon) sebagai blowing agent. Lebih berbahaya lagi, styrofoam tidak dapat terurai oleh tanah.
Pada kampanye peringatan hari ozon internasional dan peringatan 20 tahun Protokol Montreal tentang perlindungan ozon ini, diusung pula maskot Tugu Pahlawan yang terperangkap sampah styrofoam.

“Styrofoam di Surabaya menumpuk di TPA Benowo. Sampah itu tidak dapat didaur ulang kecuali oleh pabrik asal styrofoam,” kata Dony Kristiawan, Ketua Panitia Kampanye Lingkungan KTH.

Menurut data Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya, saat ini styrofoam di Surabaya mencapai 15-20 persen dari seluruh sampah yang dibuang. Pemkot belum memiliki perda yang mengatur pengolahan styrofoam. “Akhirnya, pemkot hanya melakukan aturan internal mereka sendiri. Misalnya saat makan atau minum tidak boleh memakai styrofoam,” ucap Mochamad Zamrony, Ketua KTH, menirukan penjelasan Kepala DKP Kota Surabaya.

Masih banyak restoran waralaba atau food court di Surabaya yang menggunakan styrofoam berbahan CFC. Memang alat makan berupa styrofoam sangat murah. Namun, bila terkena air atau makanan panas, bahan CFC dapat larut di dalamnya sehingga berpotensi masuk ke dalam saluran pencernaan. CFC merupakan logam berat yang juga ditemukan pada lemari es, dispenser, dan AC (pendingin udara). ida
Source : Disini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s