Manusia tujuh rupa

Dalam wujud fisik yang sesungguhnya, tidak ada manusia yang mempunyai lebih dari satu wajah. Akan tetapi dalam bentuk non fisik, manusia seringkali mempunyai banyak rupa alias wajah. Sekali waktu sebagai orang yang sangat perhatian dan penyabar. Tetapi pada kesempatan lain, orang yang sama muncul sebagai orang yang bengis dan kejam. Akan tetapi secara fisikpun ternyata bisa juga seseorang berubah wajah dalam waktu cepat. Setidaknya hal itu ditampilkan dalam tarian pada acara welcome reception di Dalian, China 24 September 2007. 

Dalam perjalanan ke Dalian, China, saya yang memang sulit tidur dalam pesawat, memilih menyaksikan film Bruce Willis yang terbaru yang berjudul Mr. Brooks. Dalam film itu Earl Brooks (Bruce Willis) adalah seorang pengusaha sukses, suami yang sayang keluarga dan ayah yang penyabar bagi putrinya. Tetapi dibalik itu, Brooks mempunyai sisi kehidupan lain sebagai pembunuh berantai. Ia seorang paranoid yang menikmati ketegangan saat korbannya menghadapi detik-detik kematian ketika dibunuh oleh Brooks. Ia bagaikan iblis yang seolah menikmati kematian seseorang. Nafsu keinginan membunuhnya menjadi memuncak ketika melihat pasangan romantis, dan ia akan menyusun rencana pembunuhan pasangan romantis itu ketika sedang bercinta.

Kehidupan kelam Brooks itu divisualkan dengan kehadiran iblis yang selalu membayanginya setiap saat dimanapun ia berada. Siiblis digambarkan sebagai seseorang yang seolah menjadi penasihat spiritual bagi Brooks. Film digambarkan ketika Brooks merasa jenuh dengan kondisi dua sisi kehidupannya yang saling bertentangan. Ia merencanakan pembunuhan terakhir terhadap sepasang romantis yang sering bercinta di apartemennya dengan gorden jendela terbuka sehingga dapat dilihat orang dari luar. Brooks memutuskan bahwa pembunuhan pasangan romantis itu menjadi pembunuhan terakhir. Ia ingin berhenti dari kebiasaan buruknya dan menjadi manusia normal. Tetapi keadaan berubah menjadi lain, ketika seorang fotografer amatir yang memang sudah mengamati pasangan romantis itu selama beberapa waktu, menyaksikan pembunuhan yang dilakukan Brooks. Fotografer mengabadikan pembunuhan yang dilakukan oleh Brooks.

Film Mr. Brooks menggambarkan sisi kehidupan manusia yang saling berbeda. Seorang suami yang mengasihi istrinya dan menyayangi anaknya, ternyata adalah seorang pembunuh sadis berantai yang mengerikan. Rupa wajah yang lembut bisa berubah secara drastis menjadi pembunuh berdarah dingin tak berperasaan. Manusia tujuh rupa, mungkin itu istilah yang bisa digunakan untuk menggambarkan pribadi Mr. Brooks. Wajah yang sama bisa sebagai penyayang tapi juga bisa sebagai pembunuh.

Secara kebetulan pada acara welcome dinner yang dilakukan oleh panitia 7th Eastern Asian Society for Transportation Studies 2007 di Dalian menyuguhkan tarian tradisional Cina. Tarian itu merupakan sebuah tarian dimana sipenari menggunakan topeng. Yang membuat saya surprise adalah bahwa topeng itu bisa berubah sebanyak 6 (enam kali). Dengan gerakan kibasan tangan yang cepat topeng bisa berubah dari yang tadinya berwarna hitam kejam menjadi topeng lembut yang cantik. Kemudian dengan kibasan lagi, topeng penari berubah menjadi wajah tampan yang kuat. Demikian seterusnya sampai hampir enam kali topengnya berubah selama tarian tersebut. Sayangnya saya duduk agak jauh dari pentas, jadi tidak bisa melihat dengan jelas bentuk topeng wajah penari. Secara fisik penari tersebut mempunyai tujuh rupa melalui topengnya. Tetapi itu adalah tarian, bukan wajah fisik keseharian.

Merubah wajah, menyembunyikan sesuatu, adalah hal yang sering dilakukan oleh manusia. Hampir semua orang mempunyai “wajah lain” dari rupa keseharian yang ada. Wajah lain itu kadang tidak bisa kita kendalikan sehingga berbalik menjadi mengendalikan kita. Persoalannya adalah seberapa jauh wajah lain itu mempengaruhi kejujuran kita. Diatas segala wajah-wajah itu, ada Sang Maha Tahu yang melihat wajah kita yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s