Pasar tanaman hias Jemursari

Bagi pencinta tanaman hias di Surabaya, jalan Jemursari merupakan salah satu tempat beburu tanaman yang paling lengkap. Aneka tanaman hias ada disini, mulai dari yang murah sampai yang mahal, yang biasa dan yang langka. Kawasan sepanjang kurang lebih 2 kilometer dilengkapi dengan kelengkapan taman termasuk batu alam, gerabah, tanah taman, pupuk dan kelengkapan lainnya. Bila ada yang ingin membuatkan taman dengan kelengkapan air terjun, disini juga tersedia pengrajin yang siap menawarkan jasanya.

Jalur hijau di jalan Jemursari dimana para pedagang tanaman hias menjajakan dagangannya, merupakan median jalan dimana ditengah median terdapat saluran air. Keberadaan saluran itu sangat membantu para pedagang untuk membasahi tanaman setiap hari terutama pada saat musim kemarau seperti sekarang ini. Jalan Jemursari merupakan jalan penghubung dari arah Selatan dimulai dari pertigaan Dolog, menuju Utara dan berakhir di Perempatan jembatan Nginden. Jalan ini terdiri dari dua jalur dengan masing-masing tiga lajur di setiap jalur, kemudian ada median yang dijadikan pasar tanaman hias.

Berbagai jenis tanaman hias tersedia disini mulai dari tanaman pelindung, tanaman perdu, tanaman rendah ada disana. Yang murah seperti alur, atau bunga mawar, juga tersedia. Kalau mau yang mahal seperti Anthurium, atau aglaonema, bisa didapat. Tanaman anthurium yang ada saya lihat memang masih yang kecil, tapi para pedagang tentu siap mencarikan kalau ada yang berminat dengan yang besar.  Mau menghias rumah dengan aneka taman basah atau kering, di Jemursari bisa mendapatkan pengrajin untuk mengerjakan. Atau kalau mau mengerjakan sendiri, bahan-bahan untuk taman seperti batu alam, gerabah, mainan taman semua lengkap. Dari bahan kualitas biasa sampai bahan kualitas bagus juga ada. Tentu tidak ketinggalan aneka pupuk tanaman, pupuk kandang atau pupuk organik campuran, atau bahkan media untuk tanaman tertentu serta pembasmi hama, semua tersedia di pasar Jemursari.

Sesungguhnya kurang pas kalau disebut pasar, lokasi ini adalah petak lahan dari sejumlah pedagang di sepanjang jalan Jemursari.  Karena itu setiap pedagang berhadapan langsung denganjalan arteri yang cukup padat. Lalu lintas di jalan ini mempunyai kecepatan yang cukup tinggi, banyak kendaraan yang bisa memacu sampai lebih dari 50 km/jam. Jadi kalau mau berhenti melihat-lihat atau membeli tanaman hias, harus ekstra hati-hati terhadap kendaraan yang melintas. Nyaris tidak ada tempat parkir dilajur jalan, bahu jalanpun banyak yang digunakan untuk memajang tanaman. Tapi kalau sudah penasaran dengan tanaman hias, banyak orang yang tetap datang ke Jalan Jemursari. Berminat ??

One thought on “Pasar tanaman hias Jemursari

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s