Champion of Makati, dinasti baru Manila yang sederhana?

Sudah belasan tahun Philippina ditinggalkan oleh “penguasa diktator” Ferdinand Marcos. Sejarah panjang Marcos berkuasa sudah banyak ditulis dan dibahas, sudah banyak orang mengkaji bagaimana kejayaan dan kekayaan Marcos.  Rakyat Philippina yang paling tau plus minus mantan penguasa itu. Sekarang ini, Presiden Philippina, Gloria Macapagal Aroyo, yang sering di sebut GMA, sedang dibayang-bayangi oleh calon presiden baru, yang sudah membangun sebuah “dinasti” di Manila.

Meski jadwal Pilpres Philippina masih cukup lama (2010), saat ini di Manila sudah santer terdengar calon presiden Philippina berikutnya. Setidaknya itu yang saya dengar selama beberapa hari tinggal di Manila. Calon presiden yang banyak diomongkan orang itu tidak lain adalah Walikota Makati, Manila, Mr. Jejomar C. Binay.

Kota Makati, adalah pusat kota Manila, yang sekaligus menjadi pusat bisnis Philippina. Kota Metropolitan Manila terdiri dari 12 kota dimana Makati terletak di pusat wilayah, dan menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pusat keuangan Manila. Kota ini menjadi kota terkaya di Philippina. Makati dipimpin oleh seorang walikota yang sangat populer yaitu Jejomar C. Binay. Bayangkan, ia sudah menjadi walikota lebih dari 20 tahun!. Bukan main.

Perawakan Mr. Binay, boleh dikatakan cukup pendek, tingginya mungkin hanya sekitar 160 cm. Beberapa hari lalu saya berdiri berjajar disampinga, rasanya dia lebih pendek dari saya.  Penampilannya sederhana, tapi ia sangat pintar berbicara. Ia seorang orator yang menarik. Kesederhanaanya saya buktikan ketika ia menerima telepon saat berbincang dengan kami (Walikota Tomohon, Walikota Surabaya dan saya). Telepon genggam Mr. Binay sangat sederhana, sebuah Nokia versi keluaran 2 tahun lalu, tanpa kamera. Nampaknya ia hanya mengutamakan fungsi telepon. HP Mr. Binay tersebut sempat menjadi omongan kami bertiga. Padahal sebagai Walikota Makati yang sudah “berkuasa” lebih dari 20 tahun, sudah barang tentu ia bisa membeli telepon genggam terbaru yang termahal.
 
Mr. Binay sendiri mengakui bahwa ia sudah menjadi walikota lebih dari 20 tahun, yaitu dimulai dari tahun 1986. Pengakuannya disampaikan ketika ia mengundang kami ke kantornya di “city hall“. Ia menceritakan sebagai walikota dia ditetapkan pertama kali tahun 1986 dengan masa jabatan 3 tahun. Kemudian sejalan dengan perubahan undang-undang Philipina, walikota dipilih secara langsung oleh rakyat. Mr. Binay kemudian terpilih melalui pemilihan langsung. Untuk masa jabatan berikutnya, ia terpilih kembali, sehingga menjabat secara berturut-turut sebanyak tiga kali. Undang-undang Philippina hanya membolehkan jabatan walikota 3 kali berturut, turut, Mr. Binay tidak bisa lagi maju untuk pemilihan walikota. Karena itu istrinya maju mencalonkan diri sebagai walikota, dan menang. Nyonya Binay menjadi walikota selama 3 tahun.

Setelah Nyonya Binay mengakhiri jabatan walikota, suaminya, Mr. Jejomar Binay mencalonkan lagi menjadi walikota. Dan ia kembali terpilih 3 kali berturut-turut. Saat ini masa jabatannya yang ke enam. Mr. Binay juga bercerita, bahwa putrinya menjadi salah satu Senator di Phipippina. (Philippina menganut sistim distrik, senatornya hampir sama dengan senator di Amerika). Sehingga ia seolah sedang menbentuk sebuah “dinasti” baru di Philippina.

Sebelum menyampaikan sambutan di acara seminar internasional di kantor pusat ADB di Manila, pembawa acara memperkenalkan Mr. Binay sebagai “Champion” of Makati. Tanpa ragu sipembawa acara mengatakan:

And soon Mr. Binay will be Champion of Philippnes”.

Mr. Binay sama sekali tidak mengomentari ucapan pembawa acara itu. Artinya secara tidak langsung ia mengakui akan menjadi “Champion of Philippines“, menjadi penguasa Philippina, apalagi kalau bukan menjadi calon presiden.

Welcome new dynasti of Manila!.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s