Menggenjot sepeda Jakarta-Bali, mendinginkan bumi, mendukung perlindungan iklim

Menyambut konperensi internasional perubahan iklim COP13 UNFCCC di Bali, sebanyak 15 orang atlit dan pencinta sepeda, secara maraton menggenjot sepeda dari Jakarta menuju Bali menempuh jarak kurang lebih 1.447 km.  Enam belas kota disinggahi selama perjalanan itu, dan setiap kota mereka didampingi oleh 35 pesepeda  daerah secara estafet bergantian akan mendampingi sepanjang rute. Selama menyinggahi kota-kota, mereka akan mengadakan kampanye perlindungan iklim untuk mendinginkan bumi. Di Jakarta, acara dilepas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  dengan bersepeda di istana bersama ibu negara. 

Kegiatan menggenjot sepeda untuk mendinginkan bumi, diharapkan akan menarik perhatian masyarakat untuk ikut serta melakukan upaya mengurangi pemanasan global.  Presiden SBY melepas peserta tanggal 11 Nopember, dan dijadwalkan tiba di Nusadua Bali, tanggal 2 Desember. Para pengayuh sepeda itu akan membawa bendera UNFCCC dari Jakarta sampai Bali.  Disetiap kota yang disinggahi, mereka mengadakan kampanye menanam pohon bersama warga kota. Dari setiap kota, akan dibawa tanaman khas untuk di tanam di Nusa Dua Bali.  

Menggenjot sepeda sepanjang hari selama perjalanan akan memanaskan badan dan menguras keringat. Tapi upaya itu dimaksudkan untuk mengajak banyak orang memikirkan pemanasan global yang terjadi di depan mata. Secara jumlah, pohon yang ditanam di enambelas kota mungkin tidak seberapa mengurangi pemanasan global. Tapi bila semua orang bersama-sama bertindak untuk menanam pohon dan menghemat pemakaian energi, maka sumbangsih itu akan menjadi sangat berarti bagi bumi yang semakin panas. 

Bila semua orang memulai dari kegiatan kecil menanam pohon, berarti memulai dari diri sendiri dan apalagi bila dimulai dari sekarang, secara bersama orang mendinginkan bumi, melindungi iklim, melindungi anak cucu kita sendiri.
Sulit ?, rasanya tidak.

2 thoughts on “Menggenjot sepeda Jakarta-Bali, mendinginkan bumi, mendukung perlindungan iklim

  1. wah ….. kalo saja semua masyarakat dunia benar-benar sadar dan membuat komitmen untuk tidak memakai kendaraan berbahan bakar BBM, misalnya hanya menggunakan sarana transportasi berbasis listrik atai memakai sepeda yang tidak berbahanm bakar, tentu hal ini merupakan terobosan dan revolusioner. Saya setuju para pejabat ini negeri ini harus banyak berkampanye lingkungan hidup dengan cara perbanyak gerakan menanam pohon.

    Like

  2. SETUJU , Bang !

    Mari kita menuju hidup SEDERHANA dan SEHAT !

    Sepeda di Jakarta membantu orang lain menikmati udara yang bersih yang menjadi HAK AZASI, seperti halnya HAK orang menikmati Informasi !

    Sukses untuk kita SEMUA !

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s