Penantian panjang Nyoman Rindu

“Masa untuk memutuskan pelaksanaan eksekusi kok segitu lama”, begitu kata Pak Nyoman Rindu setengah menuntut. Ia adalah supir taxi yang kebetulan saya tumpangi ketika kembali dari sidang COP13 UNFCCC di Nusa Dua, Bali. Malam itu saya terpaksa naik taksi, karena bus yang disediakan panitia sudah pulang ketika diskusi agak berkepanjangan. Dalam perjalanan pulang ke Kuta saya sempat ngobrol dengan Pak Nyoman Rindu, tentang sistim pengupahan di perusahaan taxi dimana dia bekerja.

“Sekarang masih susah pak”, katanya ketika saya tanya apakah setorannya bisa terpenuhi setiap hari.

“Supaya bisa bawa pulang uang, saya sering harus narik sampai 20 jam sehari”. “Setoran perhari sudah Rp. 150 ribu, belum bensin harus tanggung sendiri”, katanya menambahkan.

“Sebelum bom Legian, penumpang cukup banyak, sekarang, masih belum pulih juga, padahal sudah lebih 6 tahun”. “Kenapa ya, Amrozi itu belum dieksekusi juga”, Pak Nyoman seolah bertanya.

Sudah tentu saya tidak bisa menjawab pertanyaan Pak Nyoman. Tapi begitulah kenyataan yang dirasakan sopir taxi yang sangat terpukul ketika Bom Bali meledak. Enam tahun lebih bukan waktu yang singkat untuk dijalani dengan ekonomi yang sulit. Sebelum peristiwa Bom Bali, perusahaan taxi di Denpasar ada 6 buah, sekarang hanya tinggal 4, karena dua perusahaan gulung tikar tidak mampu bertahan.

Akibat bom Bali sudah banyak ditulis dan didiskusikan. Penyelenggaraan COP13 UNFCCC di Bali diharapkan bisa memulihkan citra Bali sebagai tujuan wisata yang aman. Peserta COP13 yang dari seluruh dunia itu diharapkan mampu menjadi sekaligus membawa kesan aman tentang Bali. Sehingga Pak Nyoman Rindu tidak terus menerus merindukan kehidupan ekonomi yang lebih marak di Bali.

One thought on “Penantian panjang Nyoman Rindu

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s