Memanage hati untuk kebugaran dan umur panjang

Kepingin umur panjang dan sehat?. Siapa yang tidak mau, tentu itu keinginan hampir semua orang. Hidup sehat dan panjang umur merupakan dambaan. Tapi sekarang ini tidak mudah untuk mendapatkannya. Ritme kehidupan yang cepat dan kompetitif, seringkali membuat orang lalai terhadap kesehatan. Ternyata susah-susah gampang untuk menjalaninya.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman kantor ikut “Outbound” di kawasan Trawas di kaki gunung Penanggungan. Sepanjang hari dari pagi sampai sore kami mengikuti acara yang dikemas dalam berbagai permainan dan ketangkasan baik secara berkelompok maupun untuk individu. Tujuannya tentu untuk “merefresh” atau “merecharge” kemampuan pribadi dan kelompok sehingga semangat kerja memasuki akhir tahun sekaligus awal tahun diharapkan bisa meningkat.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah seorang instruktur Outbound tersebut. Pak Pur, begitu dia menyebut dirinya, sangat enerjik dan cekatan meminpin salah satu acara outbound. Menurut pengakuannya dia sudah berusia lebih dari 70 tahun. Sulit bagi saya untuk begitu saja percaya kalau Pak Pur sudah berumur 70 tahunan, karena ia masih lincah bergerak kesana kemari mengomandoi para peserta outbound di kawasan pegunungan seperti di Trawas.

Karena penasaran, sewaktu istirahat, saya mendekati Pak Pur untuk cerita-cerita soal umurnya. Ketika saya tanya bagaimana dia bisa begitu sehat dan lincah diumur 70 an, dia bilang itu semua bagaimana kita memanage hati.

“Tidak ada rahasianya kok dik, sampai sekarang saya masih biasa makan rawon. Tapi olah raga saya rutin, dalam seminggu saya minimal sekali berenang, minimal sekali joging sampai sekarang. Kuncinya disiplin dan teratur olah raga, serta baik mengelola hati. Jangan ngoyo”, Pak Pur menjelaskan. “Banyak olahragawan yang terkena jantung dan stroke, karena terbiasa berkompetisi, tapi tidak bisa mengelola hati. Akhirnya stress, dan sakit jantung”. katanya menambahkan.

Sepertinya gampang sekali Pak Pur menjalaninya. Saya tau itu tidak sesederhana mengatakannya. Untuk bisa disiplin joging sekali seminggu selama 30 menit saja bukan hal yang mudah. Mungkin awalnya bisa rutin latihan joging misalnya, tapi setelah berlangsung beberapa lama, timbul rasa bosan. Tanpa kemauan keras dan disiplin kuat, tidak mungkin bisa bertahan.

Kalau Pak Pur bisa lincah berlari diumur 70 tahun, mengapa kita tidak ya??. Hmh… Do it now!!.

One thought on “Memanage hati untuk kebugaran dan umur panjang

Leave a Reply

