The first and the biggest event in Surabaya

Suatu festival lagu-lagu Mandarin akan dilaksanakan di Surabaya. Oleh panitia penyelenggara, acara yang akan digelar itu diklaim sebagai “the first and the biggest event in Surabaya“. Setidaknya itulah yang dituliskan diberbagai baliho yang ada di lokasi-lokasi strategis di Surabaya. 

Melaksanakan festival lagu-lagu Mandarin, memang masih jarang didengar bahkan mungkin baru pertama kali akan dilaksanakan. Sehingga promosi yang cukup gencar dilakukan oleh panitia penyelenggara. Yang agak mengganggu adalah klaim sebagai “the first and the biggest event…”.

Kata “the biggest”, berarti adalah yang terbesar dibandingkan dengan yang lain. Kalau disebut “the biggest event”, berarti salah satu event menjadi yang terbesar diantara beberapa event. Jadi sudah ada beberapa event yang dilaksanakan atau akan dilaksanakan, dan salah satu diantaranya dinilai paling besar, ada pembandingan satu dengan yang lain. Begitulah pemahaman kata “the biggest“.

Dalam konteks promosi festival lagu-lagu Mandarin diatas, disebutkan sebagai “the first…., berarti itu baru yang pertama. Kalau kemudian disebut “the first and the biggest“, pengertiannya kemudian menjadi bertolak belakang, rancu. Event nya saja baru pertama kali, kok sudah disebut sebagai yang terbesar. Kalau disebut terbesar atau yang paling besar, tentu harus dibandingkan dengan yang lain. Inilah kercancuan promosi.

Promosi kadang-kadang memang memerlukan sesuatu untuk menarik perhatian, tapi hendaknya jangan sampai menimbulkan pengertian yang bertolak belakang. Bahasa promosi dan iklan, kadang-kadang terlalu jauh dari kondisi yang sebenarnya. Terpulang kepada kita, apakah kita akan menelan begitu saja promosi yang ditawarkan. 

3 thoughts on “The first and the biggest event in Surabaya

  1. Si abang jeli banget, salut dah ane…🙂
    Kadang emang begitu bang, saking pengennya bikin promo yang spektakuler, tafi jadi kebablasan…:mrgreen:

    Salam kenal dari ane ya bang…

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s