Agenda-21 BIOKRASI … (lanjutan)

Agenda-13

Membuat aturan-aturan khusus yang sensitif lingkungan. Aturan-aturan yang dibuat berfungsi untuk mengawal agenda biokrasi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan yaitu untuk menyelamatkan dan melestarikan lingkungan. Aturan yang dimaksud disini termasuk Undang-Undang sampai Peraturan Daerah. Aturan-aturan tersebut difungsikan sebagai alat kontrol untuk pelaksanaan praktek pengarusutamaan lingkungan hidup.

Agenda-14
Memperkuat institusi penegakan hukum, termasuk peradilan dalam menegakkan hukum lingkungan. Lembaga penegakan hukum sangat diperlukan untuk mengawal agenda biokrasi. Perkuatan lembaga penegakan hukum ini termasuk peningkatan kualitas SDM, penyediaan sarana dan prasarana penegakan hukum, penyiapan dan perkuatan mekanisme kerja penegakan hukum lingkungan.

Agenda-15
Membangun dan memassalkan praktek “kantor hijau”. Pelaksanaan agenda biokrasi dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, terutama di kantor. Praktek kantor hijau meliputi beberapa indikator diantaranya bangunan atau gedung yang dirancang untuk ramah lingkungan dan hemat enerji. Semua rancangan arsitektur, termasuk lansekap, interior dirancang untuk mengkampanyekan dan melaksanakan penghematan enerji. Pengunaan kertas yang seminim mungkin, pengelolaan sampah dan rancangan sistim pengolahan air limbah yang baik.

Agenda-16
Membangun dan memperkuat “masyarakat hijau”, yaitu masyarakat yang peduli lingkungan.Secara bertahap dan terus menerus, komunitas peduli lingkungan harus dirancang dan difasilitasi. Membangun masyarakat hijau memerlukan waktu yang cukup lama, karena itu perkuatan sistim masyarakat hijau harus dirancang sedemikian rupa sehingga hasilnya akan maksimal.

Agenda-17
Membentuk dan memperkuat forum-forum aksi lingkungan hidup yang berbasis komunitas.Forum aksi lingkungan hidup harus meliputi semua unsur dari berbagai lapisan masyarakat. Forum aksi lingkungan hidup sangat bermanfaat membantu masyarakat untuk terlibat secara langsung melakukan kegiatan penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Agenda-18
Memasukkan pendidikan lingkungan hidup sebagai bagian dari kurikulum pendidikan formal. Pendidikan lingkungan hidup dijadikan sebagai salah satu muatan pokok pada setiap tingkatan pendidikan, mulai dari pendidikan pra-sekolah sampai perguruan tinggi. Dengan demikian pendidikan leingkungan hidup terinternalisasi ke dalam pola pikir dan perilaku setiap orang. Perkuatan lingkungan hidup dibidang pendidikan termasuk juga melalui forum-forum keagamaan dalam berbagai bentuk.

Agenda-19
Membangun pusat riset, pendidikan dan advokasi untuk pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan penelitian dan advokasi pelestarian lingkungan hidup memerlukan dukungan pendanaan yang memadai. Karena itu perlu dirancang mekanisme penggalangan dana untuk penelitian dan advokasi lingkungan hidup.

Agenda-20
Memperbanyak hutan kota. Meski lahan di perkotaan sangat terbatas, tetapi upaya memperbanyak hutan kota harus terus dilakukan. Berbagai alternatif untuk menyiasati keterbatasan lahan harus diupayakan, termasuk untuk memanfaatkan atap-atap gedung untuk dijadikan hutan kota.

Agenda-21
Melakukan berbagai tindakan dan kegiatan saat ini juga ditingkat individu, komunitas untuk memelihara dan menyelamatkan lingkungan. Upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab semua orang, dan sekaligus menjadi hak setiap orang. Karena itu setiap orang dengan segala kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki harus ikut mengambil peranan dalam upaya pelestarian lingkungan. Bila setiap orang mempunyai komitmen yang tinggi untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan, maka itulah upaya terbaik dalam pelestarian lingkungan hidup.

Agenda BIOKRASI diatas, sesungguhnya sudah mencakup hampir semua tahapan mulai dari perumusan kebijakan, dan sistem politik yang sensitif lingkungan sampai pada kegiatan-kegiatan individu untuk melestarikan lingkungan. Meski demikian, agenda biokrasi tersebut masih harus dirinci menjadi kebijakan, strategi, program dan kegiatan yang secara sistematis dapat difahami oleh orang awam. Konsep biokrasi yang diterjemahkan secara sederhana dan mudah dimengertilah yang kemudian akan memberikan harapan untuk pelaksanaan pelestarian lingkungan hidup. Semua orang ambil bagian dalam kerja besar tersebut.

3 thoughts on “Agenda-21 BIOKRASI … (lanjutan)

  1. Selamat pagi pak Togar
    Saya merasa rugi baru tahu web ini, dari hasil searching mengenai kelembagaan air minum saya nemu web ini.
    Saya belum sempat membaca semua artikel bapak.
    Sebenarnya dengan membaca artikel ini harapan utama saya adalah membaca ulasan pak Togar.
    Agenda birokrasi menurut saya seharusnya juga memasukkan unsur kerjasama antar lembaga lintas daerah, agar peraturan, undang-undang, dsb yang disusun dan dilaksanakan dapat lebih berguna. Hal ini terutama terkait dengan aspek lingkungan yang mencakup wilayah lintas daerah/kabupaten, misalnya Kali Surabaya.Setahu saya belum ada satu lembaga pengelola terpadu dalam pengelolaan Kali Surabaya. Padahal studi tentang ini sudah pernah disusun (maaf tahunnya lupa). dari studi itu terdapat usulan pengelolaan Kali Surabaya yang saya yakin jika dilaksanakan akan dapat mengurangi tingginya pencemar yg masuk ke Kali Surabaya(dari Mojokerto& Gresik).
    Saya rasa pemerintah kota Surabaya yang harus mempelopori ini pak, terkait dengan surabaya sebagai ibukota propinsi, yang juga sebagai kota yang menerima air dengan kondisi paling tercemar.

    Like

  2. @ Atik
    Yang saya maksud disini adalah BIOkrasi, yang sangat berbeda dengan BIROkrasi. Meski yang membedakan cuma satu huruf r, tapi pengertian dari kedua istilah itu sangat jauh berbeda.

    Kerjasama antar daerah untuk pelestarian lingkungan hidup, saya kira bisa menjadi bagian dari biokrasi itu.

    Like

  3. wah, keep on line ya pak
    maaf, habis kmrn bacanya dr E 90, jd kecil2 tulsannya
    dan terlalu bersemangat kasih comment

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s