Apakah penelitian laboratorium sudah bisa untuk konsumsi media publik

Beberapa hari terakhir ini sejumlah blogger Indonesia menulis tentang penelitian susu formula yang dikabarkan tercemar bakteri. Para blogger menulis berdasarkan berita koran yang memuat berita itu, meski tidak terlalu besar. Informasi yang dimuat di koran itu bersumber dari hasil penelitian terhadap beberapa sampel susu formula. Masalahnya adalah, apakah hasil laboratorium sudah langsung bisa dianggap menjadi hasil umum yang berdampak luas.

Minggu lalu saya ikut menjadi salah satu anggota tim penguji paska sarjana Unair yang meneliti tentang kadar Timbal (Pb) dalam darah anak jalanan di beberapa lokasi di Surabaya. Saya sempat kuatir, jangan-jangan hasil penelitian ini juga bisa di blow-up oleh media sehingga menjadi heboh. Sebab walau bagaimanapun hasil penelitian tesis S-2 mbak Corie di Unair itu masih terlalu prematur kalau mau menyimpulkan keseluruhan kondisi anak jalanan di Surabaya.

Karena itulah rasanya perlu hati-hati ketika mengetengahkan hasil penelitian laboratorium ke publik. Apakah lebih banyak manfaatnya atau lebih banyak bahayanya. Tidak dipungkiri bahwa dari segi media, suatu hasil penelitian yang (agak) kontroversial memang merupakan “good news” bagi masmedia. Dan disisi lain, ada pihak-pihak yang memanfaatkan publikasi seperti itu untuk suatu “popularitas semu”.

Tapi itulah media, berita bisa diblow-up sedemikian rupa, sampai kadang-kadang lari dari konteks yang sebenarnya. Mereka yang kurang faham, bisa terjebak, tapi bagi yang cerdas, berita heboh mesti di re-cek ke sumber yang berbeda. Semestinya hasil penelitian skala laboratorium, belum dapat disebarluaskan di media publik. Hasil penelitian seperti itu harusnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah atau publikasi sejenis. Setelah benar-benar teruji dan mendapat tanggapan dari para ahlinya, barulah disebarkan kepada umum. Itu mekanisme yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s