Perintah Tuhan untuk melestarikan lingkungan

Untuk pertamakalinya saya mendengar seorang pendeta khotbah tentang pelestarian lingkungan hidup. Ya, kebaktian tgl 9 Maret 2008, pak pendeta mengajak semua jemaat untuk peduli dan ikut dalam kegiatan penyelamatan bumi. Kebaktia itu memang sudah dipersiapkan secara khusus untuk kampanye perlindungan iklim akibat pemanasan global. Di akhir kebaktian, gereja menitipkan sebuah pohon kepada setiap keluarga untuk ditanam dan dipelihara di rumah masing-masing.

Dalam khotbah dan renungan pada warta jemaat disebutkan bahwa Tuhan menyerahkan bumi kepada manusia untuk ditaklukkan. Dalam Alkitab, memang agak sulit untuk menemukan ayat-ayat yang khusus ditujukan untuk pelestarian lingkungan. Pesan Tuhan kepada Adam, manusia pertama, adalah untuk menaklukkan bumi beserta isinya. Ayat yang khusus mengenai perlindungan alam, agak sulit ditemui. Prinsip yang digunakan adalah perintah Tuhan untuk menjaga ciptaanNya.

Tuhan memerintahkan manusia untuk memelihara dan merawat ciptaanNya. Inilah dasar utama bagi manusia untuk tidak merusak alam ciptaan Tuhan. Setelah selesai proses penciptaan, Tuhan melihat semua ciptaanNya itu amat baik (Kejadian 1:31). Ciptaan Tuhan itu indah. Karena itu Tuhan memerintahkan manusia untuk memelihara dan menjaga CiptaanNya, alam, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Tetapi manusia karena dosa dan keserakahannya, sudah merusak alam ciptaan Tuhan, mengeksploitasi alam secara luar biasa berlebihan. Alam menjadi rusak, akibatnya terjadilah bencana. Akibat keserakahan, manusia menggunakan sumber daya secara tidak benar dan menimbulkan gas rumah kaca yang sangat besar. Maka terjadilah pemanasan global yang menjadikan perubahan iklim.

Apa yang dilakukan pada kebaktian kemarin, merupakan wujud nyata untuk menyelamatkan bumi ciptaan Tuhan. Pak Pendeta mengatakan bahwa setiap jemaat bertanggungjawab untuk ikut menyelamatkan bumi, karena itu semua orang harus ikut melestarikan lingkungan, berbuat hal yang kecil sekalipun.Salah satu tema perayaan paskah 2008 GKI Jemur Sari Surabaya adalah penyelamatan bumi.

One thought on “Perintah Tuhan untuk melestarikan lingkungan

  1. Saya juga sangat senang kalau ada khotbah pendeta berkaitan dengan tema perlindungan alam, hal tersebut merupakan kabar yang baik.

    Kami Pemuda PGI juga ingin menyelenggarakan kebaktian pemuda yang berkaitan dengan topik melindungi dan merawat lingkungan perkotaan.
    Sejauh ini saya hanya mendapatkan refleksi theologi yang berkenaan dengan perlindungan alam yang lebih banyak mengulas dari sisi penciptaan Tuhan saja, agak sulit mencari sudut pandang yang agak berbeda.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s