Mau kena penyakit ginjal ?, teruslah merokok

Peringatannya sudah sangat jelas, merokok bisa mengakibatkan sakit kanker, hipertensi dan kemandulan, tapi masih saja banyak orang kecanduan merokok. Apakah para perokok tidak peduli atau tidak faham akan peringatan itu. Sekarang bertambah lagi penyakit yang diakibatkan kecanduan merokok yaitu gagal ginjal.

Menurut penuturan Prof. Dr. Mohammad Yogiantoro, SpPD-KGH, ahli penyakit ginjal pada rumah sakit DR. SOETOMO Surabaya, perokok berat sangat berisiko kena penyakit ginjal. Perokok berat berisiko enam kali lebih besar untuk gagal ginjal terminal (GGT), daripada orang yang tidak merokok. Asap rokok dan kandungan racun didalam rokok, mampu meningkatkan oksidatif stres yang menyebabkan terbakarnya pembuluh darah. Kadar nikotin dalam dua batang rokok yang dihisap, memicu tekanan darah dan naik sebesar 20 ml/hg. Hal itu diungkapkan Prof. Yogiantoro di Surabaya pada acara sosialisasi hari ginjal sedunia.

Oksidatif stres adalah kerusakan jaringan akibat kadar oksidan lebih tinggi dari kadar anti oksidan dalam tubuh. Secara bertahap para perokok berat dapat mengalami hipertensi. Bila hipertensi itu terjadi terus-menerus, maka akan terjadi oksidatif stres yang berbahaya. Kalau dibiarkan terus, maka hal tersebut berisiko menjadi gagal ginjal terminal (GGT).

Kalau sudah pada tahapan GGT , pasien harus menjalani cuci darah sebanyak dua kali seminggu selama seumur hidup. Menjalani cuci darah seperti ini selain sangat mahal, juga melelahkan dan stres. Bagi yang tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok, mungkin ini salah satu jalan menuju kematian.

3 thoughts on “Mau kena penyakit ginjal ?, teruslah merokok

  1. Hampir semua perokok tau resiko merokok itu mengganggu kesehatan, tapi terus merokok.
    Ada yang bilang, seni bergaul, ada yang bilang untuk konsentrasi.
    Perokok berat umumnya lebih mengutamakan ketersediaan rokok daripada nasi.
    Dokter selalu menganjurkan pasiennya untuk tidak merokok, tapi tidak jarang ditemukan dokter jadi perokok berat.
    Untuk masyarakat urban, kebiasaan merokok kelihatannya susah dilepaskan, seperti saya yang hanya masih tingkat “berusaha” melupakan rokok.
    Penjelasan diatas seharusnya sudah menyadarkan para kawan perokok. Barangkali butuh “tips” menghentikan merokok.

    Like

  2. Hari ini 13 Maret, adalah Hari Ginjal Sedunia, sayangilah ginjal anda. Ginjal bukan robot yang bisa bekerja tanpa henti, ia cuma organ yang juga bisa “menurun” kapasitasnya.

    Like

  3. berarti orang perokok pasif juga rentan mendapat penyakit ginjal yakz, kan secara tidak langsung dia juga mendapatkan asap rokoknya yah?

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s