Akibat ketergantungan pada teknologi

Demontrasi ketangkasan jago balap F1 Minggu kemarin digelar di Albert Park Melbourne. Kompetisi diawali dengan banyaknya kecelakaan, yang sebagian besar karena pembalap belum sepenuhnya menguasai mobilnya. Ini adalah akibat tidak digunakannya lagi kontrol traksi yang mengatur secara otomatis keseimbangan pada saat melintasi tikungan.

Selama ini  para pembalap dimanjakan dengan peralatan tambahan yang membantu mengatur keseimbangan pada saat menikung. Ketika alat traksi kontrol tidak digunakan lagi, pengendalian keseimbangan sepenuhnya tergantung pada ketangkasan pembalap. Kordinasi antara tangan, pikiran (otak), dan mata menjadi andalan. Bahkan juara dunia 2007,  Kimi Raikkonen juga, “melintir” ditikungan dan terpental keluar lintasan.

Selama ini, akibat ketergantungan pada traksi kontrol,  ketrampilan pembalap tidak digunakan secara maksimal. Teknologi traksi membantu menghindari kecelakaan, tapi pada saatyang sama ia juga mengurangi kemampuan maksimal manusia. Balapan di Melbourne membuktikannya, dengan hanya 7 (tujuh) pembalap yang mampu bertahan sampai finish.

Lewis Hamilton yang menjadi pole position, memang agak diuntungkan, karena ia praktis selalu didepan sehingga lebih kecil kemungkinan untuk disalip lawan. Safety car yang tiga kali masuk lintasan, memaksa Hamilton tidak bisa membuat jarak maksimal dengan pembalap dibelakangnya. Selama saftety car di lintasan, para pembalap terpaksa melaju beriringan dibelakang safety car.

Pengalaman di Melbourne akan menjadi pelajaran bagi pembalap dan timnya mencari strategi pada race berikutnya di Sepang, Malaysia. Mereka harus bekerja keras mengoptimalkan kemampuan pembalap, untuk menghindari selip dan kecelakaan. Terlalu bernafsu melaju ditikungan bisa mengakibatkan fatal. Pengendalian emosi menjadi kunci ketika peran teknologi dibatasi.  Disinilah diuji ketangkasan pembalap yang dipadukan dengan kehandalan mesin mobil. Kombinasi keduanya akan dipertontonkan di Malaysia.

3 thoughts on “Akibat ketergantungan pada teknologi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s