Apresiasi terhadap rekan kerja

Seorang rekan kerja saya, memberikan sambutan di SMPN 16 Surabaya tentang program Adiwiyata. Dalam sambutannya, rekan kerja ini seolah mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan SMPN16, seperti polesan sesaat. Nada sambutan itu seperti seolah kurang mengapresiasi kerja keras SMPN 16 yang sudah berhasil menjadi utusan Jawa Timur ke tingkat Nasional .

Sewaktu rekan kerja saya, memberi sambutan itu saya sudah merasa kurang sreg, karena nada sambutan itu, menurut saya, justru kurang mengapresiasi apa yang sudah dilakukan selama ini oleh pak guru, ibu guru dan siswa sekolah. Padahal mestinya sambutan memberi motivasi kepada warga sekolah SMPN16, agar lebih bergiat meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Benar saja, begitu rekan kerja saya selesai memberi kata sambutan, bu guru, yang kordinator program Adiwiyata, langsung merespons bahwa mereka sudah bekerja lebih dari 3 tahun untuk memasyarakatkan lingkungan hidup di sekolah. Apa yang dicapai sekarang bukan “polesan” sesaat. Memang masih ada kegiatan yang terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dari SMPN 16 Surabaya.

Karena itu dalam kesempatan informal setelah sambutan itu, saya menemui bu guru yang merespon sambutan itu. Saya membesarkan hati bu guru itu dengan mengatakan salut akan respon yang dia berikan. Saya memberi semangat kepada bu guru agar tidak terlalu kecewa dengan sambutan bapak tadi.

Kebiasaan mengapresiasi  bawahan bagi sebagian orang mungkin sulit. Atasan sering kali hanya mencari kekurangan bawahannya dan kemudian memberikan teguran kepada bawahannya. Sayapun sering tidak mampu mengapresiasi setiap kegiatan rekan kerja saya. Maka saya akan terus belajar bagaimana mengapresiasi rekan kerja secara terus menerus.

Leave a Reply

