Susu formula dinyatakan aman dari enterobacter sakazakii

Pemerintah akhirnya menyelesaikan penelitian tentang dugaan tercemarnya susu formula oleh bakteri enterobacter sakazakii. Badan POM merilis hasil penelitian terhadap 96 merk susu formula, dan semuanya dinyatakan bebas bakteri sakazakii.

Setelah menunggu cukup lama, Badan POM menegaskan bahwa 96 merk susu formula aman dikonsumsi. Penjelasan itu disampaikan langsung oleh kepala Badan POM di Jakarta. Dengan penjelasan itu masyarakat sekarang bisa lebih tenang, setidaknya tidak ada lagi kekuatiran memberikan susu formula kepada anak-anak. Penjelasan itu juga memperkuat dugaan bahwa isu susu formula tercemar bakteri adalah persaingan bisnis.

Dugaan itu sangat beralasan karena sekarang terbukti bahwa susu formula baik produk lokal maupun produk luar negeri, sama kualitasnya. Seperti yang sempat dimuat beberapa koran, ibu-ibu sempat memberikan air tajin kepada anaknya karena kuatir tercemar bakteri sakazakii. Orang-orang yang ingin mengeruk untung sesaat, telah merugikan ibu-ibu dan balitanya.

Isu susu formula tercemar bakteri, berawal dari penelitian laboratorium oleh IPB. Penelitian itu sesungguhnya dilakukan tahun 2003, tapi mulai merebak ke publik akhir 2007, dan membuat banyak orang cemas diawal 2008. Entah siapa yang memblow-up penelitian itu. Penelitian laboratorium semestinya harus diuji berulang kali, sebelum benar-benar layak dipublikasikan kepada umum.

Masyarakat Indonesia, sangat mudah terpengaruh oleh isu dan wacana yang bisa merugikan seperti isu susu formula itu. Karena itulah, lembaga penelitian harus menjaga kredibilitasnya, dan menyaring informasi mana yang sudah dapat dirilis ke publik. Jangan sampai masyarakat menjadi korban dari isu dan persaingan bisnis yang menyesatkan.

One thought on “Susu formula dinyatakan aman dari enterobacter sakazakii

  1. Semoga berita ini tak lagi mencemaskan para ibu yang tidak mewnyusui dengan ASI.
    Meskipun memang sebaiknya ASI yang lebih diutamakan dalam memberikan ‘makanan’ bagi bayinya.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s