Menteri tukang blokir internet

Menurut berita, Menkominfo akan mengadakan pemblokiran internet untuk menghambat masuknya informasi ke Indonesia. Salah satu kerisauan Menkominfo adalah karena beredarnya film “Fitna” yang dibuat oleh salah satu anggota parlemen Belanda. Salah satu sasaran pemblokiran itu adalah “Youtube”, perusahaan yang menyediakan video Fitna di internet.

Blokir-memblokir menjadi isu yang ramai didiskusikan, Depkominfo rupanya jadi sibuk mengurusi keluhan sebagian orang karena beredarnya berbagai macam video dan film di internet. Supaya tidak disebut sebagai mengabaikan keluhan orang (baca masyarakat), Depkominfo ambil jalan pintas aja. Blokir aja itu internet. Perkiraannya dengan begitu masalah jadi beres. Atau setidaknya, kalau menterinya ditanya, dia sudah bisa bilang bahwa Departemennya sudah melakukan sesuatu untuk menghindari penyebarluasan informasi yang dianggap jahat.

Tapi apakah dengan memblokir, persoalannya jadi beres?. Apakah pemblokiran itu berhasil, apa ukurannya bisa dikatakan berhasil. Atau sebera jauh keberhasilan, atau kegagalan pemblokiran itu?. Apakah dengan mengeluarkan Surat Keputusan Menteri, dianggap selesai. Apa tujuannya memblokir. Kalau mau diurut, ada bisa banyak pertanyaan yang semakin tidak bisa dijawab.

Lalu apa tujuannya melakukan pemblokiran ?. Bisa-bisa nanti juma jadi bahan cemoohan.

“Haree gene…, pake blokir internet….segala. Kaciaaann deh loo…

Jurus pendekar mabuk”, tidak bisa menyelesaikan secara menyeluruh. Apalagi kalau sudah menyangkut keputusan yang berlaku di seluruh negara. Menteri yang satu harus kordinasi dengan menteri lainnya. Apa betul blokir internet bisa mencapai tujuan?. Kasian kalau menteri komunikasi jadi bahan cemoohan, terutama di internet.

Jadi ingat jaman orde baru, Menteri Penerangan yang sering jadi tukang bredel koran dan majalah. Sekarang kok terulang lagi, ada menteri tukang blokir internet.

One thought on “Menteri tukang blokir internet

  1. Hallo Togar, kaget juga lihat foto yang saya kenal di blog saya hehehe… Semoga baik2 saja. Saya sehat-sehat, dan seibuk dengan tugas di ITB.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s