Memilah sampah di mall

Pada kunjungan saya akhir tahun lalu ke Manila, saya berkesempatan mampir di salah satu food court disebuah pusat perbelanjaan. Selain menikmati makanan di food court tersebut, saya juga memperhatikan bagaimana petugas cleaning service bekerja mengumpulkan piring dan peralatan makan dari meja. Saya juga melihat bagaimana petugas-petugas itu sudah trampil memisahkan sisa makanan menurut jenisnya.

Sisa makanan dari meja-meja dipilah berdasarkan jenisnya, sampah organik dimasukkan kedalam tray tersendiri, sementara bahan-bahan lain seperti pembungkus plastik ataupun bahan an-organik dimasukkan kedalam tray tersendiri pula. Petugas cleaning service dilengkapi dengan troley yang terdiri dari beberapa tray. Ada yang khusus tempat piring, gelas, sendok & garpu, ada tempat sisa minuman, ada tempat sisa makanan (organik), ada tempat sisa makanan dan pembungkus (an-organik). Pemilahan sampah makanan dari food court itu dilakukan di sumbernya yaitu pada saat dikumpulkan diatas meja.

Sehingga sampah sisa makanan organik tidak tercampur dengan yang lainnya. Sistem pemisahan sampah sisa makanan di food court dan restoran di pusat pertokoan (mall) yang seperti di Manila, juga ada di Singapore dan Kuala Lumpur. Sepanjang yang saya lihat sistem pemilahan yang demikian belum ada di Jakarta, juga belum ada di Surabaya.

Karena itulah ketika beberapa waktu lalu, saya berkesempatan bertemu dengan general manager Pakuwon Supermall Surabaya, Mr. Wong, saya sampaikan gagasan untuk melakukan pemilahan sampah di Pakuwon Supermall. Mr. Wong tampaknya antusias dengan gagasan yang saya sampaikan dan kami malah mendiskusikan bagaimana menjadikan mall yang ramah lingkungan. Kami lalu sepakat akan menyusun program untuk menjadikan Pakuwon Supermall Surabaya sebagai Green Mall, pusat pertokoan yang ramah lingkungan.

Tahap pertama yang akan dilakukan adalah dengan melakukan pemilahan sampah di food court, cafe, dan restoran yang ada di Pakuwon Supermall. Untuk itu kami akan melakukan kampanye dan penyuluhan terhadap tenants yang ada di mall tersebut terutama food court, restoran, cafe dan tempat makan lainnya. Dengan penyuluhan itu, maka para tenant diharapkan akan mendukung pelaksanaan pemisahan sampah organik. Secara menyeluruh akan diadakan kampanye mall ramah lingkungan kepada semua tenant dan pengunjung mall. Selain itu para tenant juga harus menyediakan peralatan penunjang pemiahan sampah, termasuk tray, komposter individu, maupun komposter komunal.

Setelah tahap pertama pemisahan sampah, masih ada beberapa item yang harus dikerjakan untuk menjadikan mall yang benar-benar ramah lingkungan. Kami merencanakan pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia, 5 Juni nanti, Pakuwon Supermall Surabaya, bisa dilaunching sebagai Green Mall, yaitu mall yang ramah lingkungan. Semoga semua pihak ikut mendukung.

3 thoughts on “Memilah sampah di mall

  1. Alangkah baiknya jika gagasan ini dijadikan suatu gerakan, dengan melibatkan lebih banyak sektor swasta dan mass media. Tentu resonansinya akan lebih terasa, apalagi jika ada penghargaan bagi yang mampu mereduksi sampah terbanyak, namun bagaimanapun komitmen tetap paling penting

    Like

  2. Apabila nantinya gagasan ini benar-benar dapat diwujudkan, merupakan satu langkah nyata terhadap upaya penyelamatan lingkungan, dan bukan tidak mungkin gagasan ini bisa dijadikan suatu gerakan massal yang melibatkan banyak sektor. Semoga sukses.

    Like

  3. Saya sebenarnya sudah tidak sabar untuk segera mulai. Tapi karena venuenya sudah dipakai duluan oleh pihak lain (terikat kontrak antara manajemen PS dengan tenant), jadi launchingnya terpaksa diundur. Apa boleh buat.

    Kami sedang mempersiapkan pelaksanaan teknisnya secara bertahap, seperti menyiapkan fasilitas komposting, workshop dengan petugas kebersihan dan tenant. Dan lain-lain.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s