DPR Setujui UU Sampah

Kompas, Kamis, 10 April 2008
Jakarta, Kompas – Rencana Undang-Undang Pengelolaan Sampah disetujui Sidang Paripurna DPR di Jakarta, Rabu (9/4). Keluarnya UU ini merupakan komitmen nyata Indonesia dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim akibat akumulasi gas rumah kaca, termasuk gas metan yang bersumber dari sampah.

Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mengatakan, keluarnya UU Pengelolaan Sampah akan mendorong tindak lanjut kesepakatan konferensi tentang perubahan iklim di Bali untuk menekan emisi gas-gas rumah kaca.

Dengan keluarnya UU ini diharapkan tercapai perubahan yang signifikan dalam waktu lima tahun mendatang. Keluarnya UU Pengelolaan Sampah, jelas Ilyas Asad, Deputi V Penataan Lingkungan, akan segera diikuti dengan peraturan pemerintah yang mengatur petunjuk teknik, insentif, dan kompensasi.

Undang-undang ini menetapkan kewajiban setiap orang, pengelolaan kawasan dan produsen dalam pengelolaan sampah. Pengelola kawasan permukiman, industri, hingga fasilitas sosial wajib menyediakan fasilitas pemilahan sampah. Sedangkan produsen wajib mengelola kemasan produknya yang tidak dapat atau sulit terurai oleh proses alam.

Undang-undang ini juga mengatur tentang pemberian kompensasi, antara lain berupa relokasi, pemulihan lingkungan, dan biaya pengobatan, kepada orang yang terkena dampak negatif dari kegiatan penanganan sampah di tempat pemrosesan akhir sampah.

Ketentuan pidana juga diberikan kepada pengimpor sampah dengan penjara kurungan 3 hingga 12 tahun dan denda Rp 100 juta hingga Rp 5 miliar. Dan pengelola sampah yang mencemari dan hingga menyebabkan kematian diancam pidana penjara 4 sampai 15 tahun dan denda Rp 100 juta hingga Rp 5 miliar.

Tiga kota

Sebagai pengganti sistem penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir yang banyak diprotes masyarakat, jelas M Gempur Adnan, Deputi II Bidang Pengendalian Pencemaran Kementerian Negara Lingkungan Hidup, pemerintah kini mendorong penerapan pengelolaan sampah dengan sistem 3R (reuse, reduce, dan recycle) pada skala kota. Saat ini uji cobanya dilakukan di Jombang, Singaparna, dan Magelang. Pola pemilahan sampah ini memberikan manfaat bagi pembukaan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain itu, dalam lima tahun mendatang akan didorong 26 kota berskala besar dan metro untuk menyusun dan menerapkan sistem sanitary landfill. Sebaliknya menutup TPA sampah atau open dumping. Penggantian itu merupakan keharusan bagi kota-kota besar di Indonesia untuk melaksanakannya dalam waktu lima tahun ini. (YUN/DIK)

Sumber: Kompas

16 thoughts on “DPR Setujui UU Sampah

  1. Yth. Bapak Togar,
    apakah punya naskah Undang-Undang atau RUU Sampah yang baru disahkan tersebut? kalau ada, mohon saya dibagi. saya memerlukannya, untuk menulis paper tugas kuliah saya di MAP UGM.

    terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    salam,

    rossy

    Like

  2. Saya punya naskah RUU Sampah versi lama dalam bentuk pdf sepanjang kira-kira 36 halaman. Kalau dikirim lewat email cukup besar filenya, tapi akan saya coba kirim lewat email. Kalo gak bisa mungkin pake you sendit atau dropload.

    Salam kembali

    Like

  3. Yth. Bapak Togar,
    saya mau bertanya apakah Bapak mempunyai artikel mengenai anak-anak yang menjadi pemulung karena saya akan membuat essai tentang anak dan lingkungan hidup. Saya mengambil tema tentang anak dan sampah, sehingga saya memerlukan artikel2 mengenai anak2 dan sampah, terutama tentang pemulung anak-anak.
    Terima kasih banyak, Pak.

    Like

  4. @Stephanie:
    Saya tidak punya artikel tentang pemulung anak-anak. Saya memang lihat di TPA Benowo ada juga anak-anak yang bekerja sebagai pemulung. Apakah ada tulisan tentang itu, saya kurang tau. Kalau dapat informasinya akan saya email ke anda.

    Like

  5. kepada YTH.Bapak Togar
    apakah saya boleh minta RUU Sampah yang baru, untuk keperluan Tugas Akhir saya tentang pengelolaan persampahan.saya di T. lingkungan ITENAS. terima kasih sebelumnya.

    Like

  6. Yth Pak togar,
    apa naskah UU sampah yg baru tdk berubah? kyknya sy jg punya draft yg lama..klo Bpk punya yg baru mohon sy dikirimi ya..sy cb cari di internet kok tdk ketemu..
    trims..

    regards,
    esty

    Like

  7. @Trie
    saya sudah coba kirim ke alamat email anda, tapi mental. Kalau ada alamat email yang lain, silahkan hubungi saya lagi.
    @Esty
    Saya sudah kirim email dengan attachment UU Sampah. Jadi utang saya lunas ya.

    Like

  8. selamat malam bang Togar, tolong diemail ke saya undang-undang sampah tersebut ya, terima kasih banyak

    Like

  9. malam bang togar, mohon di email ke saya undang-undang pengelolaan sampah yang disetujui dpr 10 April 2008 tersebut, terima kasih.

    Like

  10. malam bang togar, mohon di email ke saya undang-undang pengelolaan sampah yang disetujui dpr 10 April 2008 tersebut,
    “UBAH PERILAKU, CEGAH PENCEMARAN LINGKUNGAN”

    Terima Kasih

    Like

  11. Yth. Bapak Togar
    Mohon di email Undang-Undang No 18 Thun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Terima kasih

    Like

  12. Yth. Bapak Togar

    saya sedang membuat makalah tentang solid waste management apakah bapak pernah membuat makalah seperti itu, mohon bantuannya sebagai literatur. Terimakasih.

    Like

  13. @ Suzanthi
    Saya pernah beberapa kali presentasi tentang persampahan, cuma agak spesifik tentang Surabaya dan pemberdayaan masyarakat. Terakhir-erakhir ini saya biasanya cuma bikin bahan dengan Power Point, jadi agak jarang bikin makalah dalam bentuk naskah.
    Solid waste management itu luas sekali menurut saya, jadi kalau anda mau bikin makalah ya banyak hal yang bisa dibahas.

    Like

  14. Saya butuh secara detail macam-macam gas pada sampah yang bisa mencemari lingkungan serta zat pada sampah yang bisa mencemari lingkungan. Data ini untuk tugas di sekolah. trimakasih atas bantuannya

    Like

  15. malam pak.
    boleh kah saya juga dikirimi tentang naskah Undang-Undang atau RUU Sampah yang baru disahkan. soalnya saya ditugaskan untuk membuat makalah yang berhubungan dengan sampah…
    terima kasih pak.

    Like

Leave a Reply

