Going green perorangan, tindakan nyata (1)

Merubah kebiasaan untuk mendukung going green tidaklah semudah dibayangkan. Perlu komitmen yang terus menerus, agar bisa melaksanakannya secara konsisten. Setiap orang dapat melakukannya. Lalu kenapa menunda?.

Untuk perorangan setidaknya ada sejumlah tindakan nyata untuk mendukung dan melaksanakan kampanye going green. Tindakan nyata itu diuraikan secara bersambung dibawah ini.

1. Pembatasan penggunaan enerji. Matikanlah komputer anda ketika istirahat, begitu juga radio, lampu dan air conditioner.
2. Jangan buang enerji. Bila peralatan anda mempunyai “stand-by mode”, fasilitas itu tidak perlu diaktifkan. Kalau anda memang tidak memerlukan peralatan, cabut saja kabel listrik peralatan dari stop-kontak. Sekecil apapun listrik masih terbuang bila kabel listrik tidak di cabut.
3. Gunakan lampu hemat enerji. Sekarang ini sudah banyak sekali tersedia lampu hemat enerji dipasaran. Harga jualnya memang lebih mahal dari lampu pijar biasa, tapi tagihan rekening listrik untuk lampu hemat enerji akan berkurang banyak.
4. Beralih ke LED. Bila anda menggunakan lampu di kantor atau di rumah, beralihlah ke LED yang 40% lebih hemat dari lampu biasa.
5. Ikut ambil bagian dalam kampanye penghematan enerji dan pelaksanaannya. Dengan begitu, akan memperkuat komitmen yang anda buat.
6. Kurangi menggunakan kendaraan. Bila tidak terlalu perlu, hindari menggunakan kendaraan. Kalau masih terjangkau, berjalan kaki akan menyehatkan dan mengurangi enerji. Usahakan menggunakan kendaraan umum bila bepergian dengan jarak yang jauh.
7. Bepergian bersama. Bila dalam bepergian dalam arah yang sama, usahakan untuk menggunakan kendaraan secara bersama (car pooling).
8. Sediakan angkutan bus bagi karyawan. Bila anda mempunyai karyawan, siapkanlah bus sebagai angkutan karyawan. Hal itu menghemat enerji ketimbang karyawan mengunakan kendaraan masing-masing.
9. Bukalah kaca jendela ketika berkendara. Hal itu akan mengurangi emisi CO2 ketimbang menggunakan AC.
10. Gunakanlah barang-barang ramah lingkungan.
11. Berbelanjalah di pasar segar atau pasar tradisional katimbang di supermarket.

(bersambung)…..

2 thoughts on “Going green perorangan, tindakan nyata (1)

  1. Pak Togar, mo tanya neh (no.4). LED untuk pemakaian lampu sehari-hari apakah ada untuk daya yang cukup besar (terang). Karena setahu saya, LED itu daya luminasinya kecil [IMHO]. THX

    Like

  2. Prinsipnya, sekecil apapun usaha penghematan itu bisa sangat berarti. Seandainya LED katakanlah menghemat hanya 0,5 watt perhari. Kalau ada 10 juta orang di Indonesia menghemat 0,5 watt perhari hanya dari penggunaan LED, artinya ada 5 juta watt perhari yang dihemat.

    Maka itu sudah cukup berarti. Belum lagi penghematan dari yang lainnya. Meski tentu tidak semua bisa menggunakan LED karena luminasinya sangat kecil. Kalau cukup dengan luminasi kecil, kenapa harus pakai yang besar.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s