Going green perorangan, tindakan nyata (2)

Sebelumnya telah diuraikan 12 tindakan nyata untuk mendukung going green. Berikutnya ada tindakan nyata selanjutnya ada 15 kegiatan nyata yang mendukung going green. (lanjutan).

12. Sebelum membeli mobil (kendaraan) untuk kantor atau untuk pribadi, pertimbangkanlah dengan seksama  fungsi kendaraan. Pilihlah kendaraan yang irit bahan bakar. Sedapat mungkin pilihlah kendaraan yang memiliki teknologi bersih, artinya sistim pembakaran mesin yang sudah ramah lingkungan.

13. Pilihlah ukuran kendaraan yang anda butuhkan. Sesuaikan dengan jumlah orang yang akan memanfaatkan kendaraan itu. Bila lebih sering digunakan oleh 3 orang saja, maka sebaiknya belilah kendaraan yang ukuran rangka dan mesinnya kecil saja. Hal itu akan menghemat enerji (BBM).

14. Usahakanlah untuk tidak membeli kendaraan dengan sistim penggerak roda depan dan belakang. Kendaraan jenis seperti itu biasanyanya sangat boros BBM.

15. Mengendaralah dengan efisien dan stabil. Terlalu sering berpindah persnelling akan memboroskan BBM. Bila perjalanan jauh, usahakan melaju dibawah kecepatan 90 km/jam. Hal ini akan mengemat sampai kira-kira 20% BBM, dan itu akan mengurangi emisi CO2 ke lingkungan.

16. Nikmatilah bepergian sambil mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Kalau bisa menggunakan kendaraan umum dan cukup baik, kenapa harus menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan sewa yang ramah lingkungan mungkin lebih baik dengan bahan bakar yang ramah lingkungan seperti biofuel.

17. Periksalah tekanan ban kendaraan anda apakah sudah sesuai dengan tekanan yang  dianjurkan. Ban dengan tekanan rendah (kempes) akan lebih boros BBM.

18. Sedapat mungkin gunakanlah enerji ramah lingkungan (bio energy). Bila tersedia gunakanlah biofuel bagi kendaraan anda.

19. Kalau anda bepergian, tanyalah hotel atau penginapan yang ramah lingkungan. Tinggallah di penginapan yang ramah lingkungan, hal itu sekaligus mengkampanyekan pelestarian lingkungan.

20. Gunakanlah lemari pendingin (refrigerator) yang hemat enerji dan ramah lingkungan. Lemari pendingin keluaran lama (lebih dari 10 tahun) umumnya sangat boros listrik dan masih menggunakan CFC. Hindarilah pemakaian lemari pendingin seperti itu.

21. Berhematlah menggunakan lemari pendingin. Jangan masukkan makanan panas dan minuman panas ke dalam lemari pendingin.

22. Gunakanlah enerji terbarukan di rumah atau di kantor anda. Kalau memungkinkan gunakanlahpembangkit listrik tenaga matahari.

23. Semaksimal mungkin gunakanlah enerji panas matahari. Untuk mengeringkan pakaian, anda tidak perlu menggunakan mesin pengering, tapi jemurlah di panas matahari.

24. Hematlah pemakaian listrik (enerji). Sedapat mungkin pasanglah  sistem pendeteksi otomatis, bila listrik tidak diperlukan, alat itu akan secara otomatis akan menghentikan aliran listrik.

25. Berhematlah menggunakan air. Untuk menyediakan air di rumah, dibutuhkan enerji yang cukup besar untuk peralatan di instalasi pengolahan air.

26. Kalau kamar mandi anda dilengkapi pemanas air, gunakanlah yang bertekanan rendah. Hal ini akan menghemat anerji cukup besar.

(bersambung….)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s