Rano wabup, Dede wagub, artis jadi kepala daerah…??

Ketika Rano “Dul” Karno diminta oleh Bupati Tangerang menyampaikan pidato di depan DPRD, ia sempat kaget, karena pak Bupati tidak pernah mengatakan sebelumnya kalau nantinya Rano yang membacakan pidato. Rupanya Bupati, melihat gelagat ada banyak anggota DPRD yang menginginkan agar Rano yang pidato. Maka Bupatipun berkata “Kalau boleh, saya mohon ijin agar pidato saya dibacakan oleh wakil saya”, maka Rano, “Dul” Karno kaget. Tapi akhirnya ia maju juga ke mimbar untuk membacakan pidato, meski kemudian terkesan “kaku”.

Tentu saja itu bukan lakon dalam sinetron, itu adalah kejadian di Gedung DPRD Tangerang, setelah Rano “Dul” Karno terpilih menjadi Wakil Bupati. Keberhasilan Rano, kemudian diikuti Dede Yusuf yang juga terpilih jadi Wakil Gubernur Jawa Barat. Melihat keberhasilan “kolega”nya, Maudy “Zaenab” Kusnadi, ikut mencalonkan diri menjadi calon Wakil Bupati Kuningan, Jawa Barat. Begitu pula, Syaiful Jamil, mantan suami Dewi Persik, akhirnya memutuskan maju untuk mencalonkan menjadi Wakil Walikota Serang.

Artis mencalonkan diri jadi gubernur atau bupati/walikota, tentu sah-sah saja. Apalagi kalau memang terbukti berhasil memajukan daerah. Keberhasilan artis menadi kepala daerah, tentulah harus dengan kerja keras. Menang dalam Pilkada adalah hal yang tidak mudah, berhasil menjadi Kepala Daerah jauh lebih sulit dari memenangi Pilkada. Popularitas para artis, memang bisa mendulang suara, terutama mereka yang memilih lebih didorong oleh faktor emosional, katimbang program yang ditawarkan oleh calon kepala daerah.

Para artis yang maju, perlu introspeksi diri secara cermat, apakah ia hanya akan digunakan sebagai “vote getter” semata, atau memang diusulkan karena kemampuan memimpin yang diharapkan. Kalau selama menjadi artis, tidak terlihat tanda-tanda kepemimpinan pada perjalanan karirnya, tentu harus berani mengakui bahwa ia belum siap menjadi calon pemimpin masyarakat. Kepala daerah adalah pemimpin masyarakat, karena itu faktor kepemimpinan adalah sesuatu yang mutlak bagi seorang kepala daerah. Mencalonkan diri harus berani berkaca diri, apakah memang pantas dan mampu menjadi pemimpin masyarakat.

Untuk berhasil menjadi Kepala Daerah, seseorang harus punya kemampuan “lebih”. Ia harus menjadi “manager”nya para manager. Ia harus mampu mengarahkan para manager kota/kabupaten atau propinsi. Pada saat yang sama ia juga harus punya kapasitas melindungi warga yang kesulitan, yang sengsara, yang miskin, mereka yang susah. Menggabungkan kedua kemampuan diatas, bukan main sulitnya. Kepala daerah dituntut memajukan daerahnya dan menciptakan lapangan kerja bagi warganya.

Para artis yang mencalonkan diri jadi kepala daerah, ada baiknya mempelajari keberhasilan Gubernur California Arnold Schwarzenegger adalah artis yang sukes dan gubernur yang berhasil. Di situsnya, informasi keberhasilan Schwarzenegger dimuat lengkap. Setelah menjabat sebagai Gubernur, ia sudah berhasil membuka 680.000 lowongan kerja baru. Hal itu merupakan prestasi yang luar biasa bagi gubernur California. Ia juga gubernur yang mendukung upaya perlindungan iklim di Amerika, sementara pemerintah pusatnya menolak mendukung perlindungan iklim.

Apakah Rano Dul Karno, atau Dede Yusuf bisa meniru keberhasilan Arnold Schwarzenegger ?. Meniru keberhasilan sebagai artis, sudah. Mengikuti keberhasilan Arnold sebagai kepala daerah, harus dibuktikan.

Apakah Saiful Jamil dan Maudy Zaenab Kusnadi akan mengikuti keberhasilan Dede Yusuf, atau bakal terpuruk seperti Marissa Haque?. Waktu yang akan membuktikan.

One thought on “Rano wabup, Dede wagub, artis jadi kepala daerah…??

  1. Artis jadi Kepala Daerah adalah kritik pedas bagi para KaDa sebelumnya, krn mrk tdk bisa buktikan bhw latar belakang, pendidikan dan kapabilitas mrk lah yg pantas. Mungkin kalo Iwan Fals nyalonin diri jadi Wapres. . Capres nya cukup duduk manis lsg menang.. hanya mungkin kog

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s