Terus Defisit, Kota Vallejo Bangkrut

Jawa Pos, Jumat, 09 Mei 2008,

VALLEJO – Kota terluas di Negara Bagian California, Vallejo, tengah mengajukan status pailit ke pengadilan. Kondisi di lapangan memperlihatkan bahwa kota yang berada di area Teluk California itu memang sedang bangkrut. Kota berpenduduk 117.000 jiwa berdasar sensus 2000 itu terus mengalami defisit anggaran. Terakhir, April lalu, defisit anggarannya mencapai USD 16 juta (Rp 147,8 miliar). Parahnya, kota seluas 126,3 kilometer persegi itu tidak memiliki dana cadangan sama sekali. Penjualan ritel terus turun. Demikian juga dengan nilai properti.

Keputusan mengajukan status pailit tersebut diambil setelah para petinggi kota itu mengadakan rapat 6 Mei lalu. Voting yang dilakukan anggota dewan kota tersebut juga menyepakati secara bulat status bangkrut. “Ini telah menjadi proses panjang yang menyebabkan semua orang frustrasi. Tidak ada yang menang di sini malam ini,” ujar Ketua Dewan Kota Vallejo Joseph Tanner.

Penyebab kebangkrutan Vallejo adalah tingginya gaji polisi dan petugas pemadam kebakaran. Lebih dari 80 persen anggaran kota itu habis diserap untuk kebutuhan tersebut. Selama dua tahun terakhir, pemerintah terus bernegosiasi dengan kedua lembaga itu untuk mengurangi gaji mereka. Namun, tidak pernah mencapai kata sepakat.

Gaji seorang kapten polisi di Vallejo USD 306.583 (sekitar Rp 2,8 miliar) setahun dan seorang letnan USD 240.146 (sekitar Rp 2,2 miliar). Sedangkan kepala tim pemadam kebakaran mendapat USD 206.890 (sekitar Rp 1,9 miliar) dan anak buahnya masing-masing USD 171.250 (sekitar Rp 1,6 miliar). Untuk mengurangi kebangkrutan, pemerintah terpaksa menutup dua di antara delapan stasiun pemadam kebakaran.

Sebagian penduduk menilai kebangkrutan itu disebabkan kepemimpinan dewan kota yang payah. “Kota ini menderita kesalahan manajemen dan kebangkrutan yang diklaim lebih besar daripada yang sebenarnya,” ujar Juru Bicara Serikat Pekerja Ken Shoemaker.

Yang berpendapat demikian tidak setuju terhadap pengajuan status pailit. Karena jika ditolak pengadilan, itu berisiko menghabiskan anggaran. Sebaliknya jika disetujui, untuk sementara, Vallejo bisa terhindar dari kewajiban membayar utang.

Wali Kota Vallejo Osby Davis awalnya juga tidak setuju terhadap usul tersebut. Status pailit akan memberikan stigma buruk kepada Kota Vallejo dan mungkin akan memperburuk pembangunan perekonomian. “Bagaimana seorang pengusaha mau berinvestasi ke kota yang tidak mempunyai uang?” kata seorang pemilik toko, Josef Klaus.

Setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi dengan serikat pekerja, Davis pun menyerah. Menurut dia, tidak ada pilihan lain. “Ini waktunya untuk melakukan sesuatu yang beda. Saya tidak menyukainya (keputusan pernyataan bangkrut, Red). Saya juga tidak menginginkannya,” ujar Davis sebelum mengambil keputusan.

Beberapa anggota dewan yang lainnya juga merasa berat atas pengambilan keputusan itu. “Sejujurnya, jika ada pilihan lain di luar sana, saya akan menanyakan kepada mereka apa itu,” ujar anggota dewan, Joanne Schivley.

Meski dinyatakan bangkrut, tidak ada yang akan berubah dengan keseharian Kota Vallejo. Pelayanan kota terus berjalan seperti biasanya. “Penting untuk diperhatikan bahwa kami akan melanjutkan menyediakan pelayanan kota seperti biasanya. Tidak akan ada perbedaan,” ujar petugas informasi publik, Jo Ann West.

“Kami akan terus membayar pekerja dan terus membayar vendor-vendor kami. Tidak ada dari hal tersebut yang akan berubah,” tambahnya. Meski demikian, wali kota berencana menaikkan pajak pendapatan untuk memperbaiki perekonomian.

Jika pengadilan menerima pengajuan status bangkrut untuk Vallejo, itu bisa jadi sebuah ironi. Kota tersebut pernah menjadi ibu kota Negara Bagian California, 1852 dan 1853.

Senator California Pat Wiggins dan anggota majelis Noreen Evans mengaku prihatin atas kondisi tersebut. Mereka berjanji berusaha semampunya menghindari status bangkrut bagi Vallejo. “Saya sangat prihatin dengan kondisi Vallejo. Kalau dibiarkan, itu bisa jadi contoh bagi kota-kota lain untuk melakukan hal yang sama,” kata Evans. (berbagai sumber/sha/ruk)

Sumber: Jawa Pos

2 thoughts on “Terus Defisit, Kota Vallejo Bangkrut

  1. Sebenarnya antara topik berita yang diposting dengan pertanyaan pada komentar tidak ada relevansinya.

    Pertanyaan mas Hadi ini, untuk sekarang ini, saya tidak punya kompetensi untuk menjawabnya. saya mohon maaf tidak bisa menjawab.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s