Going green perorangan, tindakan nyata (3)

Secara bersambung serial going green perorangan telah diuraikan 27 langkah-langkah yang dapat dilakukan perorangan. Berikutnya 14 tindakan nyata untuk perorangan. Silahkan mencoba.

27. Laksanakan kegiatan 3R, reduce, reuse dan recycle. Kurangilah sampah dari kegiatan anda sehari-hari. Ketika berbelanja, mengapa harus menggunakan lebih dari 1 kantong plastik bila cukup 1 saja. Sedapat mungkin gunakan barang secara berulangkali. Kenapa harus menggunakan piring kertas/plastik kalau ada piring porselen/keramik.

28. Hindari emisi gas metan ke atmosphere dengan mengkompos sampah organik di rumah secara aerobik. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, umumnya menggunakan sanitary landfill atau open dumping yang mengeluarkan banyak gas metan ke atmosfer. Kalau mengkompos dirumah, jumlah gas metan dari TPA akan berkurang.

29. Cat rumah anda dengan warna yang cerah. Warna gelap lebih banyak menyerap panas, dan itu menambah pemanasan di rumah anda.

30. Gunakan sebanyak mungkin cahaya matahari di rumah atau ditempat kerja anda. Rancang sistim ventilasi cahaya yang menggunakan cahaya matahari semaksimal mungkin. Ini akan mengurangi penggunaan listrik untuk penerangan.

31. Tanamlah pohon dan tanaman lain sebanyak-banyaknya di setiap tempat yang memungkinkan, termasuk di bagian atas rumah dan bangunan. Gunakan pot kalau lahan tidak tersedia.

32.Gunakanlah bambu untuk penutup didinding bangunan dan rumah anda. Selain artistik, bambu akan menyerap panas dan menghemat enerji.

33. Lindungi rumah anda dengan naungan pohon, sehingga tidak terlalu panas. Hal itu sekaligus menghemat enerji.

34. Hindari penggunaan zat-zat kimia. Zat-zat itu melalui proses penggunaan enerji yang cukup banyak.

35. Kurangi pemakaian plastik. Kalau berbelanja ke toko atau supermarket, bawalah kantong belanjaan sendiri, jangan gunakan kantong kresek (plastik) yang disediakan toko.

36. Beli dan gunakanlah bahan-bahan yang tidak dibungkus berlapis-lapis. Bungkus itu menimbulkan banyak sampah.

37. Beli dan gunakan bahan-bahan yang bisa dipakai berkali-kali.

38. Gunakan kedua sisi kertas untuk menulis/memprint.

39. Gunakanlah kertas hasil daur ulang dan kertas yang bisa di daur ulang.

40. Siapkan rencana pengurangan sampah dirumah dan di kantor. Buat target untuk mengurangi sampah dalam jangka waktu tertentu.

Apakah ke 14 kegiatan diatas terlalu muluk ??, jawabannya tentu : tidak. Jadi semua bisa melakukannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s