Worship cafe, why not !

Di tengah pusat pertokoan Ayala Center, Makati, Manila, terdapat kapel untuk misa, orang bisa misa sebelum dan sesudah shopping. Pada perayaan unduh-unduh dan hari Pentakosta lalu, GKI Jemursari Surabaya mengadakan ibadah kafe (worship cafe/cafe worship?). Suasana kafe dibawa dalam ibadah, itulah yang ditampilkan.

Meski demikian, acara ibadah tidak diselingi dengan makan atau minum. Kebaktian dilaksanakan terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan acara “cafe”. Tata ibadah juga tidak berubah, tapi tidak ada acara tambahan seperti koor dll. Setelah kebaktian ditutup oleh Ibu Pendeta, barulah Band pengiring kebaktian melanjutkan acara dengan nyanyian-nyanyian oleh penyanyi gereja. Jemaat yang mempunyai talenta menyanyi, diundang untuk menyumbangkan suaranya pada acara “cafe”.

Pelayan firman, Ibu pendeta Ani Prihandini, dalam khotbahnya, juga mengakui bahwa seumur hidupnya baru sekali itu mengikuti ibadah yang dikemas seperti cafe. Khotbah sore itu, tetap mengambil topik perayaan Hari Pentakosta dan Perayaan Unduh-Unduh.

Kebaktian dilaksanakan di halaman gereja, untuk itu halaman gereja ditata sedemikian rupa dengan meja yang dikelilingi kursi dan disekitarnya sudah tersedia beberapa “counter” makanan dan minuman.
Untuk memesan makanan atau minuman, jemaat harus beli kupon terlebih dahulu. Sebagai “door prize”, jemaat mendapatkan segelas kecil teh atau coklat panas. Untuk menambah suasana kafe, para pemuda gereja dilengkapi dengan celemek dan melayani jemaat cafe.

Keakraban terbentuk sesama kafe, sambil makan atau minum setelah kebaktian. Khotbah Yesus, juga dulu diakhiri dengan makan dua ikan dan lima roti untuk lima ribu orang.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s