Dipatil ikan di tepian Bengawan Solo

Selasa 20 Mei kemarin, saya dan beberapa teman kantor mengunjungi tambak milik seorang rekan kerja ke tepian Bengawan Solo, di Lamongan. Tadinya saya hanya iseng bilang kalau pingin mancing ikan bandeng, ternyata rekan saya menanggapi serius dan minggu lalu menanyakan lagi, apa betul pengin mancing bandeng. Jadi saya setujuilah untuk mancing ke Lamongan di hari libur Waisak.

Selasa pagi kami bertolak dari Surabaya dengan dua mobil. Setelah mengendara selama kurang lebih satu jam, sampailah kami di tepian Bengawan Solo di Kecamatan Karang Geneng Lamongan. Tambak ikan milik orang tua rekan kerja saya persis berbatasan dengan tanggul Bengawan Solo. Tambak itu berada di dekat rumah orang tuanya, dibatasi oleh sederetan rumpun bambu yang menurut bahasa lokal disebut “barongan”.

Tambaknya ada dua buah berukuran kurang lebih 2000 meter persegi. Kedua tambak ini berada antara Bengawan Solo dan Tanggul Tangkis. Ketika banjir melanda Bengawan Solo beberapa waktu lalu, tambaknya terendam air, mungkin sebaian ikan bandeng yang dipelihara ada yang hilang. Tetapi juga ada sebagian ikan lain, yang masuk ke tambak sewaktu banjir.

Setelah mampir sebentar untuk bertemu orang tua rekan saya, kami mulai memasang pancing. Anak saya Dennis yang ikut, mendapatkan ikan nila lebih dulu dari saya. Dia tidak berani melepas ikan dari pancing. Saya pun mulai menunggu pancing disambar ikan, setelah beberapa kali memasang umpan (karena habis di”cuili” ikan kecil), pancing saya terasa ada yang menarik, benar saja, ikan sudah terkena. Setelah dua tiga kali saya ikuti arah ikan untuk merasakan tarikannya, pancing pun saya angkat, ternyata ikan yang nyangkut adalah ikan yang mirip ikan patin, seperti lele. Ikannya tidak besar, panjangnya sekitar 15 cm saja. Orang setempat menyebutnya ikan “beong”.

Saya pikir mirip lele dumbo yang biasanya tidak mematil. Waktu saya mau melepas ikan dari mata pancing, tiba-tiba ikan menggerakkan siripnya dan mematil jari saya. Sirip patilnya menancap masuk ke jari tengah dan antara jari manis dan jari telunjuk. Saya mencabut sirip ikan itu dengan cukup sulit, karena cukup kuat menancap di jari saya. Darah segar mengucur, dan mulai terasa nyeri di jari. Rupanya siripnya mengandung bisa. Saya segera bergegas ke rumah orang tua rekan saya membersihkan luka dan meminta “obat merah” anti septik. Selain itu si ibu pemilik rumah cukup sigap mengambil daun tanaman “yodium”, getah dari tangkai daun diperas untuk menghentikan pendarahan. Seketika jari saya membengkak, lalu saya minta minyak tawon dan mengolesi jari yang mulai membengkak. Untungnya minyak tawon sukup ampuh, rasa nyeri dan bengkak tidak menjadi lebih parah.

Menurut rekan sekerja saya, di Bengawan Solo memang banyak ikan “beong”, kalau ikan beongnya cukup besar, patilannya bahkan bisa membuat orang pingsan, karena racun “bisa” yang cukup kuat. Meski sudah di olesi minyak tawon dan diberi anti septik, tangan saya tetap membiru dan agak membengkak. Karuan saya menjadi agak terganggu memancing. Setelah agak siang, kami diajak makan dirumah orang tua rekan kerja saya. Makanannya banyak sekali, dan, tentu saja didominasi ikan bandeng dan ikan nila. makan cukup lahap menyantap bandeng asap dan nila goreng.

Tapi patilan ikan “beong” tetap masih terasa sakit.

3 thoughts on “Dipatil ikan di tepian Bengawan Solo

1. Ya, saya tinggal di Surabaya.
    Kalau anda jeli di “page” Kael lengkap informasi saya, bahkan alamat rumah saya juga ada. Karena beberapa pertimbangan, nomor teleponnya aja yang tidak saya cantumkan. Alamat kantor lengkap ada disitu.

Makanya tag Surabaya paling besar, lihat tuh di sebelah kanan.