Indonesia BISA, bisa apa ??

Peringatan 100 tahun hari kebangkitan nasional ditandai dengan pencanangan motto oleh SBY : Indonesia BISA. Saya tidak tau apa yang dimaksud dengan motto itu, dan apa yang melatarbelakangi peluncuran motto itu. Apalagi peluncurannya oleh presiden pada saat peringatan hari kebangkitan Nasional.

Tentu saja kalau dilihat dari kacamata positif, Indonesia Bisa, motto itu dimaknai menjadi: bisa membangun, bisa maju, bisa mandiri dan lain-lain. Pokoknya bisa macam-macam.

Masalahnya, tidak semua orang seperti SBY yang melihatnya dari kacamata positif semata. Ditengah banyak orang yang kesusahan, kesulitan, “Indonesia Bisa”, dimaknai menjadi : bisa susah, bisa sengsara, bisa menderita, bisa mampus…. Rasanya pandangan itu tidak bisa disalahkan, kenyataanya rakyat memang sedang kesulitan.

Akan menjadi sangat konyol, kalau motto Indonesia Bisa hanya sekedar menyontek motto minuman kebugaran. Atau memang minuman kebugaran itu menjadi sponsor dari pencanangan motto itu. Kalau hal itu benar, maka kekonyolannya sungguh luar biasa. Itu betul-betul suatu kesalahan fatal. Ini kekonyolan yang luar biasa bagi sebuah bangsa dengan sejarah panjang.

Siapa orang-orang yang menyiapkan motto seperti itu. Apakah sudah dipertimbangkan dengan benar, mencangangkan suatu motto yang tepat bagi bangsa Indonesia. Suatu motto mestinya mencerminkan kebenaran dan keadaan yang sesungguhnya sekaligus pendorong untuk kemajuan. Karena itu motto jangan sesuatu yang bisa diinterpretasikan menjadi segala macam.

Oh Indonesia …

One thought on “Indonesia BISA, bisa apa ??

  1. maksudnya, Indonesia bisa menjadi salesman terbaik abad ini….
    lihat saja, apa yang tidak bisa dijual oleh pemerintah Indonesia…mulai hasil alam, BUMN yang paling hebat, Indonesia adalah penjual manusia terhebat, lihat TKI dan TKW…

    apapun hasilnya, untung atau tidak, Indonesia adalah sales terbaik yang pernah saya lihat.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s