Iklan ucapan selamat

Setiap hari-hari besar, apakah keagamaan atau nasional, kita seringkali melihat iklan ucapan selamat di media, terutama cetak. Pemuatan iklan itu tentu merupakan sumber penerimaan bagi media yang memuat iklan, karena sipemuat mestilah membayar untuk itu. Menjelang peringatan HUT kemerdekaan RI, beberapa media sudah mulai menawarkan pemuatan iklan ucapan selamat HUT RI ke berbagai pihak.

Biasanya yang paling gencar menawarkan pemuatan iklan ucapan selamat adalah media cetak yang termasuk kelas “gurem“, apakah itu yang berupa harian, mingguan, bulanan ataupun tabloid. Media-media semacam ini seringkali dalam pemuatan berita maupun pemuatan iklan melakukan cara-cara yang kurang terpuji.

Peredaran media “gurem” itu seringkali tidak jelas, kalau meminjam istilah teman: “terbit kalau lagi ingat“. Para pencari beritanya tidak jarang melakukan “intimidasi” kepada para narasumber, dengan dalih akan “membongkar” kasus ke publik, maka para pencari berita itu (saya tidak menyebutnya wartawan) kemudian menawarkan jasa “mengarahkan” berita, tentu saja dengan iming-iming minta imbalan. Begitulah cara mereka menjalankan medianya.

Baru-baru ini, saya mendadak dikirimi kuitansi oleh salah satu “media cetak gurem“, kuitansi itu menyebutkan pemesanan iklan ucapan selamat HUT RI di medianya. Bersama kuitansi, dikirimkan juga media yang sudah dicetak, dimana ada iklan ucapan selamat HUT RI, dan dalam daftar peserta pemasang iklan ucapan selamat itu, ada nama saya. Padahal saya tidak pernah dihubungi oleh siapapun untuk memasang iklan ucapan selamat HUT RI. Saya tidak pernah minta sesiapapun untuk memuat iklan ucapan selamat. Tentu saja saya menolak membayar iklan itu, meski sudah dimuat, karena saya tidak pernah memesan pemuatan iklan seperti itu.

Tapi begitulah cara-cara sebagian “media cetak gurem” untuk melakukan usaha yang menurut saya tidak terpuji. Mungkin kejadian iu sudah masuk ke ranah “pemerasan ringan”. Jangankan di media “gurem“, di media Nasional pun, saya tidak merasa perlu memuat iklan ucapan selamat.

Ada-ada saja ulah orang untuk mencari uang.

One thought on “Iklan ucapan selamat

Leave a Reply

