Ibu dan anak, Sumiarsih dan Sugeng dimakamkan berdampingan

Pada umumnya, Tempat Pemakaman Umum (TPU), kawasannya dibagi berdasarkan agama. Ada yang menjadi kawasan pemakaman Islam, atau kawasan Kristen. Bahkan tidak jarang, TPU hanya untuk satu agama saja. Setidaknya TPU biasanya dipisahkan untuk menurut agama orang yang dimakamkan disana.

Untuk ibu dan anak Sumiarsih dan Sugeng, yang keduanya ditembak mati oleh tim eksekutor Sabtu dinihari lalu, ada pengecualian. Keduanya dimakamkan berdampingan, padahal keduanya menganut agama yang berbeda. Sugeng anaknya, penganut Islam, sementara Sumiarsih adalah penganut Kristen. Pihak TPU Samaan, Malang kelihatannya memberi dispensasi makam penganut Islam dan penganut Kristen ditempatkan berdampingan, sebelah menyebelah.

Dalam keadaan normal, tentu agak sulit membayangkan proses pemakaman dua jenazah pada saat yang sama, berdampingan dengan tata cara agama yang berbeda. Kalau saja Sumiarsih dan sugeng dimakamkan secara normal (biasa). Bayangkanlah para pengantar dan pelayat jenazah mengikuti prosesi pemakaman secara Kristen yang dipimpin oleh rohaniawan (Pendeta), dan Sugeng dimakamkan secara Islam berdampingan dengan ibunya. Tentu saja itu kejadian yang amat langka.

Tapi jenazah Sumiarsih dan Sugeng dimakamkan bersamaan, pagi sekitar jam 06.25, Sabtu 19 Juli 2008, tanpa dihadiri banyak orang. Sehingga pemandangan langka itu tidak bisa disaksikan banyak orang. Setelah ditembak mati jam 00.20, kurang lebih jam 00.45, jenazah kedua terpidana mati tiba di RS. Dr. Sutomo. Jenazah kemudian diberangkatkan ke TPU Samaan Malang, dan tiba di lokasi sekitar jam 05.15.

Jenazah Sugeng dimakamkan terlebih dahulu secara Islam. Kemudian Sumiarsih dimakamkan secara Kristen dengan didahului kebaktian yang dipimpin Pendeta Andreas, dari Yayasan Pancaran Kasih, Malang. Pemakaman kedua terpidana mati itu hanya disaksikan sekitar 20 orang termasuk petugas dan Pendeta.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s