Go.. "Surabaya Green Clean", go..

Sudah hampir sebulan pelaksanaan lomba “Surabaya Green Clean” (SGC) sejak di canangkan awal bulan Juli kemarin. Setiap hari Jawa Pos memuat kegiatan itu dengan liputan khusus di halaman 40, satu halaman penuh. Luar biasa, itu yang bisa saya tuliskan. Setiap pagi kita buka halaman 40 Metropolis Jawa Pos, maka sehalaman penuh liputan tulisan dan foto-foto SGC.

Pelaksanaan SGC sudah memasuki tahap penilaian 5o RT terbaik untuk dua kategori yaitu “maju” dan “berkembang”. Kategori ini ditetapkan oleh tim juri untuk membedakan kawasan-kawasan yang sudah lebih dulu menjalankan pengelolaan kampung bersih. Sementara kategori berkembang, untuk kawasan yang baru melaksanakan. 50 kampung dari kategori maju dan 50 kampung lainnya dari kategori berkembang akan dinilai lagi oleh tim juri.

Sementara itu tim juri juga melakukan “road show” dari kampung-ke kampung untuk melihat secara langsung kebersihan dan keasrian lingkungan yang ditampilkan. Sewaktu pelaksanaan road show, ada “door-prize” yang dibagikan kepada kader lingkungan dan warga kampung yang beruntung. Setiapkali suatu kampung dikunjungi “road show”, para kader lingkungan menyajikan keunggulan masing-masing kampung. Ada yang menampilkan pemanfaatan kompos, atau pendaur ulangan sampah dan berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan.Yang tidak ketinggalan, adalah para kader lingkungan akan menyambut tim juri dan rombongan dengan yel-yel yang khas dari masing-masing kampung.

Antusiasme para kader lingkungan, luar biasa. Mereka menyambut tim juri dengan yel-yel yang menggelorakan semangat, dan kadang menggelikan. “Kostum” yang digunakan dibuat dari bahan “daur ulang sampah” beraneka motif dan warna. Kemeriahan kostum ditambah yel-yel bahkan gerak (tarian) dan musik menjadikan acara kunjungan road show meriah seperti festival.

Acara penutupan SGC pasti akan lebih seru lagi. Akhir Agustus ini akan diadakan penutupan dan penetapan kampung terbaik. Ajang ini akan menjadi pesta bagi para kader lingkungan se Surabaya.

One thought on “Go.. "Surabaya Green Clean", go..

  1. Kami sangat senang atas kegiatan SGC ini yang pada akhirnya mendukung keberhasilan Surabaya dalam mempertahankan Adipura di Surabaya tercinta dan menciptakan Surabaya Bersih dan Hijau, Lingkungan Sehat. Kebetulan di RT 3 RW 8 Kampung kami juga lolos 50 besar dan membuat replikasinya di RT 1, sehingga sejak 1 agustus lalu berbenah untuk mensuport menuju 10 besar. Pada awalnya tidak gampang untuk merubah perilaku para tetangga kami dalam pemilahan sampah, mengolah sampah jadi kompos menggunakan Keranjang takakura yang dibagikan ke warga secara gratis, ada juga yang kembali dititipkan ke RT. Dana hasil pemilahan sampah anorganik dikumpul di RT dan uangnya dibelikan tanaman untuk penghijauan rumah warga, maklum di Kampung kami banyak Ruko (rumah toko). Namun pelan-pelan kami optimis kampung Bersih,Hijau dan pelaksanaan program 3 R akan terwujud, demikian juga dengan kampung-kampung lainnya di Surabaya tercinta ini, sehingga Target Zero Waste akan tercapai.

    Togar: Maaf, komentarnya dimoderasi dengan menghapus 3 kata. Terimakasih.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s