Pilkada: dengan 300 ribu suara, anda bisa jadi Walikota Surabaya

Pemilihan walikota Surabaya masih 2 tahun lagi, tapi nampaknya wacana persiapan Pilkada Walikota Surabaya sudah mulai bergulir. Sebuah koran sudah menulis opini tentang Pilkada Walikota Surabaya. Wacana itu masuk akal, karena Surabaya sesungguhnya kota terbesar Indonesia, karena Jakarta statusnya adalah Propinsi. Jadi wajar kalau banyak pihak yang tergoda untuk menjadi Walikota Surabaya. Untuk diketahui, dari 3 juta orang penduduk Surabaya, anda cukup meraih 300 ribu suara saja dalam pilkada, maka anda akan jadi Walikota.

Lho, kok untuk menjadi Walikota Surabaya, cuma butuh segitu?. Kalkulasinya adalah sebagai berikut. Pada tahun 2008 ini menurut data yang dikeluarkan KPUD pada Pilgub Jatim kemarin, Daftar Pemilih Tetap (DPT) kota Surabaya adalah sekitar 2 juta orang, dari jumlah penduduk terdaftar sekitar 2,8 juta jiwa. Angka DPT ini sebenarnya sangat besar, sebab itu artinya warga Surabaya yang berumur dibawah 17 tahun dan yang tidak punya hak pilih “cuma” sekitar 800 ribu jiwa.

Pada tahun 2010, saat Pilkada Walikota dilaksanakan, jumlah DPT relatif tidak akan berubah. Jadi DPT tetap sekitar 2 juta. Dari hasil Pilkada Jatim Juli lalu, golput di Surabaya hampir 50 persen, atau sekitar 1 juta. Angka ini tidak jauh berbeda ketika Pilkada Walikota Surabaya tahun 2005 lalu. Ketika itu dengan Pilkada Langsung, jumlah Golput bahkan lebih dari 50%.

Pada Pilkada Surabaya nanti, dipastikan akan ada calon independen yang akan maju, jadi besar kemungkinan pasangan calon bisa mencapai 5 pasang Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota, atau bahkan lebih. Bila DPT adalah 2 juta, dan Golput 50%, maka jumlah suara sah sekitar 1 juta. Jika pasangan calon yang memperebutkan suara sah ada 4 pasangan saja, maka dengan 300 ribu suara, seorang calon bisa langsung jadi pemenang, dan menjadi Walikota Surabaya. Karena menurut aturan, dengan jumlah suara 30% dari suara sah, maka calon sudah jadi pemenang.

Kalkulasi ini tentu sangat menggiurkan. Apalagi bila sinyalemen the Habibie Centre betul, bahwa ada “investor politik” yang menjadi cukong Pilkada, maka untuk mencapai 300 ribu suara, tentulah sesuatu yang sangat menjanjikan. Karena itu pulalah, mungkin mengapa wacana pemilihan Walikota Surabaya yang masih 2 tahun lagi, sudah mulai. Siapapun boleh mulai berhitung sekarang. Bagaimana caranya untuk mengumpulkan 300 ribu suara di Surabaya. Mulailah bersiap-siap menyaksikan satu lagi drama politik di negeri ini.

Anda berminat jadi Walikota Surabaya ???, hayo siapkan diri

One thought on “Pilkada: dengan 300 ribu suara, anda bisa jadi Walikota Surabaya

  1. Menurut anggota KPU Surabaya, Fordinal Sihombing, golput di Surabaya pada pemilihan Gubernur jatim putaran kedua , tgl 4 nopember, mencapai hampir 60 persen.
    Sebagaimana dikutip Harian Radar Surabaya (10/11/08), dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 2,1 juta orang, yang menggunakan hak pilih hanya 800 ribu orang. Sisanya sebesar 1,3 juta pemilih adalah Golput.

    Status 2010:
    Pada Pemilukada Walikota Surabaya 2 Juni 2010, Golput mencapai 54%.
    Cawali-Cawali yang bertarung ada 5 pasang, dan satu pasang berasal dari perseorangan (independen).
    Hasil coblosan 2 Juni 2010 di gugat ke Mahkamah Konstitusi oleh pasangan CACAK.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s