Pesta Danau Toba selesai, setelah itu apa.

Setelah lebih dari 10 tahun tidak dilaksanakan, akhirnya pada bulan Juli kemarin, Pesta Danau Toba 2008 digelar lagi. Terakhir kali dilaksanakan tahun 1997, acara yang diharapkan meningkatkan bisnis pariwisata di Sumut itu dihadiri oleh Presiden SBY. Mungkin karena cukup lama vakum, wajar pelaksanaan Pesta Danau Toba 2008 kurang memuaskan banyak pihak.

Saya tidak ingin mengupas pelaksanaan pesta danau Toba itu, tapi hanya mencoba melihat hal lain yang mungkin secara langsung atau tidak langsung ada kaitannya dengan Danau Toba. Pesta Danau Toba adalah paduan acara budaya dan pariwisata. Dengan kegiatan itu budaya Danau Toba dimajukan, pariwisata Danau Toba juga dimajukan. Keduanya harus saling mendukung.

Keterlibatan masyarakat lokal dari daerah Danau Toba dan sekitarnya, yaitu Dairi, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan Pakpak, mutlak diperlukan. Pesta itu harus menjadi pesta rakyat. Supaya menjadi pesta rakyat Danau Toba, maka perlu ada acara budaya dan kesenian rakyat Danau Toba yang bisa dibawakan oleh semual lapisan. Salah satu bentuk yang bisa dibentuk adalah dengan menciptakan satu Seni Danau Toba, bisa berbentuk tarian atau yang lainnya.

Seni (tari) Danau Toba tidak hanya bisa dibawakan oleh masyarakat Danau Toba, tapi ia juga harus bisa menjadi seni yang universal. Sehingga pada suatu saat seni itu tidak hanya ditampilkan di Danau Toba dan sekitarnya, tapi juga ditempat lain bahkan sampai keliling jagat. Untuk menciptakan (tarian) Danau Toba seperti itu, banyak seniman Danau Toba yang mampu untuk itu.
Sekedar untuk referensi, barang kali tidak ada salahnya melihat apa yang dilakukan oleh orang Jepang seperi dibawah ini.

Tari Yosakoi di Jepang

Untuk meningkatkan kepedulian orang terhadap pariwisata kota Kochi, sebuah kota di Jepang, mereka menciptakan festival Yosakoi dengan membawakan suatu tarian massal yang dinamakan Tari Yosakoi. Tarian ini diciptakan pada tahun 1954 dengan tujuan untuk mengatasi resesi ekonomi Jepang pada waktu itu, terutama kota Kochi. (saat ini penduduk Kochi, sekitar 500 ribu orang). Tarian Yosakoi ditarikan oleh kelompok penari dengan durasi sekitar 5 menit.

Tari Yosakoi mempunyai gerakan dasar dan musik dasar. Selebihnya, peserta dibebaskan berimprovisasi. Ciri khas dari tarian ini, setiap penari memegang sepasang Naruko, yaiu semacam alat musik yang diketukkan di tangan. Musik pengiringnya progresif, diwarnai musik tradisional Jepang, tapi sudah mengadopsi musik tarian moderen. Iramanya memberi semangat.

Setiap tahun mulai tahun 1954 sampai sekarang, diadakan Festival Yosakoi yang berlangsung dari tanggal 9-12 Agustus di kota Kochi. Dewasa ini pada festival Yosakoi yang menjadi kalender tahunan, peserta festival tari ini mencapai 15.000 orang peserta. Mereka datang dari seluruh penjuru Jepang dan ikut meramaikan di kota Kochi.

Keberhasilan tarian Yosakoi meningkatkan kepedulian warga Jepang, bahkan sampai menular ke Surabaya. Kota Surabaya yang menjalin kerjasama “sister city dengan kota Kochi, menyelenggarakan “cross culture festival 2008”. Salah satu acara cross culture adalah festival tari Yosakoi. Tahun 2008, festival Yosakoi Surabaya diikuti oleh 25 kelompok tari mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi.

**********
Kalau saja keberhasilan tari Yosakoi bisa ditiru di Sumatera Utara, maka dunia pariwisata Danau Toba akan bangkit dan maju. Lalu bagaimana “warga Danau Toba” diseluruh kolong jagat bisa ikut berpartisipasi, menciptakan suatu ajang festival budaya yang “merakyat tapi berkelas”. Sehingga tidak saja menarik turis lokal, tapi juga turis internasional.

Untuk ini dibutuhkan kreativitas, komitmen dan konsistensi para budayawan, insan pariwisata dan seluruh stakeholder Danau Toba. Kapan lagi budaya Danau Toba akan di tingkatkan kalau tidak sekarang.

3 thoughts on “Pesta Danau Toba selesai, setelah itu apa.

  1. Perlu pendidikan dan sosialisasi ke masyarakat, turis datang menolong kita (ekonomi, dll). Penguasa dan birokrat harus serius menjaga lingkungan, truk kayu dilarang saja diseluruh propinsi, tidak boleh ada penebangan hutan, lingkungan…lingkungan…, cinderamata diberi bandrol, capek kita menawar…hehehe, banyak hal sederhana yang bisa dilakukan, asal mau saja. keramba di danau toba dilarang saja, bau dan lain-lain, kalau tidak keriiing itu danau toba, tinggal kenangan.

    Like

  2. Rokok Elektrik atau Elektronik dan juga sering orang menyingkatnya dengan nama’ROKEL’ merupakan suatu produk yang dibuat khusus bagi penggila rokok yang tak bisa menghentikan kebiasaan merokok karena terbatas oleh waktu dan tempat. Tidak sedikit perokok yang ingin tetap dapat menikmati merokok pada saat mereka berada di ruangan-ruangan atau bahkan di lingkungan yang merupakan tempat yang dilarang merokok.

    Dengan ROKEL (disesuaikan dengan etika lingkungan yang berlaku), semuanya memungkinkan.

    Mengapa ? Karena ROKEL sebuah perangkat elektronik dengan ukuran dan model mendekati bentuk rokok biasa, tidak mengandung Tembakau. terdiri dari perangkat elektronik yang aman dipakai, memiliki sertifikat CE dan RoHC yang diakuiinternational, bebas bau dan asap tak sedap, bebas abu dan puntung, aman bagi lingkungan sekitarnya dan baik bagi kesehatan.
    E-Cig adalah alternatif merokok yang paling sehat, seperti yang tertera di situs E-Cig.com. E-Cig yang menggunakan bateri isi ulang (rechargeable) ini berbentuk sebuah pipa kecil yang terbuat dari stainless steel dan berisi rangkaian komponen elektronik. Rangkaian tersebut terhubung dengan inhaler serta smoking liquid container, yang nantinya menghasilkan sebuah penguapan yang dihisap oleh si perokok E-Cig. Penguapan smoking liquid tersebut akan bekerja otomatis berdasar switch tekanan angin begitu terdapat hisapan dari perokok E-Cig. E-Cig memiliki beberapa macam produk, antara lain Mini Cig, E-Cigar, dan E-Pipe yang berbentuk seperti pipa cerutu detektif Sherlock Holmes. Di tiap-tiap jenisnya, E-Cig juga menawarkan berbagai tingkat kadar nikotin, dari yang bebas nikotin hingga bernikotin ekstra tinggi 24mg. Selain itu, E-Cig juga menawarkan berbagai rasa, seperti apel, anggur, lemon, hingga rasa asli rokok-rokok ternama, seperti Marlboro dan Hilton. Kadar nikotin serta rasa E-Cig, disesuaikan melalui smoking liquid di dalam catridge yang dapat dibeli dan dapat diubah setiap saat. Satu paket Mini Cig dijual termasuk lima catridge berisi smoking liquid yang dapat dipesan rasa dan kadar nikotinnya, dua baterei rechargeable, charger, dan buku petunjuk penggunaan.
    bila berminat silahkan menghubungi via sms ke
    085859467928
    office jl klipang blok q 3 no 18
    semarang,50272
    chairul sarto utomo

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s