Gubernur harus melestarikan Danau Toba

Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, harus melestarikan Danau Toba. Sebagai Gubernur baru, ia harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Utara untuk periode 2008-2013. Supaya upaya pelestarian dan pembangunan Danau Toba, mendapat prioritas, maka hal itu harus masuk dalam RPJMD yang sekarang (sedang disusun). Menurut ketentuan undang-undang, RPJMD harus sudah ditetapkan paling lama 3 (tiga) bulan setelah gubernur dilantik.

Penetapan RPJMD dilakukan melalui Peraturan Daerah (Perda), sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang no 32 tahun 2004. Itu artinya program pelestarian Danau Toba, harus segera disiapkan dan termasuk program prioritas yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, dan ditetapkan oleh DPRD menjadi Perda.

Bila program pelestarian dan pembangunan Danau Toba tidak masuk dalam RPJMD, jangan harap Propinsi Sumatera Utara melakukan apapun sampai periode Samsyul Arifin Selesai. Karena itu, semua pihak perlu mendorong agar program pelestarian Danau Toba segera dimasukkan sebagai salah satu program dalam RPJMD Sumatera Utara. LSM, tokoh masyarakat, DPRD Sumatara Utara, perguruan tinggi, Pemerintah Kabupaten di sekitar Danau Toba, harus bersama-sama meminta agar Gubernur Syamsul Arifin menjadikan pelestarian Danau Toba menjadi salah satu program dalam RPJMD 2008-2013.

Saya kira Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Propinsi Sumatera Utara, saat ini (Agustus 2008) sedang mematangkan penyusunan RPJMD tersebut. Atau boleh jadi draft RPJMD sudah disampaikan ke DPRD Sumatera Utara (Sumut), maka selagi belum ditetapkan, program pelestarian Danau Toba agar menjadi bagian dari RPJMD itu. Mumpung masih ada waktu sedikit sebelum batas waktu penetapan RPJMD tersebut, maka semua stakeholder Danau Toba, rame-rame mendatangi DPRD SUmut, agar Pelestarian Danatu Toba dijadikan program RPJMD Sumut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s