Car Free Day 2008 di Surabaya

Tanggal 24 Agustus 2008 yang akan datang, Pemerintah Kota Surabaya dimotori oleh badan Pengendalian Lingkungan Hidup akan melaksanakan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor, HTKB (Car free day). Lokasi yang dipilih adalah koridor utara-selatan di jantung kota Surabaya yaitu di jalan Raya Darmo, mulai dari depan masjid Alfalah sampai perempatan jalan Dr. Sutomo.  Hari itu dari jam 06.00 – 12.00 jalan itu akan ditutup untuk semua kendaraan bermotor. Tentu ada pengecualian dalam keadaan darurat, sepeterti ambulans, atau mobil pemadam kebakaran.

Car free day di Surabaya sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2002, kala itu lokasi yang ditutup adalah Jalan Pemuda sisi Timur. Setelah 6 tahun lebih, car free day dilaksanakan lagi sebagai upaya kampanye peningkatan kualitas lingkungan hidup, dan juga kampanye penghematan enerji. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari keseluruhan upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Sebagai bagian dari kampanye, tentu saja hasil dari car free day selama setengah hari belum bisa diukur. Apalagi bila dikaitkan dengan upaya menghambat laju perubahan iklim. Usaha ini hanya sebagian kecil dari upaya bersama untuk menyamakan pemahaman tentang perlunya peningkatan kualitas lingkungan. Masih banyak usaha yang lebih besar yang harus dilakukan.

Pemberitahuan kepada masyarakat, terutama pengguna Jl. Raya Darmo telah dilakukan. Pihak Rumah Sakit Darmo, juga sudah diundang dalam rapat persiapan. Beberapa pihak sudah diinformasikan untuk penutupan jalan raya Darmo Surabaya.

Pada hari itu akan ada acara fun bike yang dimulai dari Taman Surya (Balaikota Surabaya), dan peserta fun bike akan melintas di Jl. Raya Darmo. Selain fun bika akan ada juga acara jalan sehat, yang juga akan melintas di jalan pada lokasi HTKB. Berbagai komunitas penggemar sepeda, sepatu roda, dan jalan sehat diundang untuk memanfaatkan ruang Jl. Raya Darmo selama 6 jam penuh.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s