Car Free Day Dipertanyakan

Surya, Tuesday, 19 August 2008
SURABAYA – SURYA -Rencana penerapan sehari bebas kendaraan bermotor (car free day) di jantung kota Surabaya pada Minggu (24/8) mendatang disoal sejumlah pengguna jalan. Seperti diungkapkan Robertus, warga Dharmahusada Indah. Menurutnya kalau pemkot benar-benar menerapkan jalur bebas kendaraan bermotor, juga harus memberi solusi jalur alternatif.
“Kalau jalur protokol yang ditutup, sementara jalur alternatif  harus cari sendiri malah tidak hemat energi, karena buang-buang bensin. Ini karena jalurnya tentu lebih panjang,” cetus Robertus, Senin (18/8).
Senada keluhan Rusli, warga Pacarkeling. “Saya justru khawatir kalau jalur itu ditutup malah memberi kerugian di sisi lain. Misalnya dari sisi ekonomi,” ujar pria 45 tahun ini.

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Togar Arifin Silaban mengatakan car free day hanya sebagai langkah awal hemat energi dan pengurangan polusi. Program yang pernah diuji coba pada 2002 ini dulu sempat diprotes dengan alasan yang sama. Namun ia optimis respons masyarakat nanti akan jauh lebih baik.

“Kita hanya tutup separo Jalan Raya Darmo dan itu untuk memberi kesempatan seluas-luasnya pada pengguna sepeda pancal dan pejalan kaki,” katanya.

Pada Minggu (24/8) mendatang kebetulan juga dibarengi acara fun bike yang dimulai dari Taman Surya dan melewati rute Raya Darmo. Akan ada sekitar 5.000 pengayuh sepeda mengikuti acara ini. Separo Jalan Raya Darmo nanti akan ditutup dan diisi aksi kampanye hemat energi.

Wali Kota Surabaya Bambang DH menambahkan, usulan tersebut memang masih jauh dari efektivitas pengurangan polusi dan hemat energi. Namun langkah itu merupakan langkah tepat untuk memulai. “Program ini juga sejalan dengan dibangunnya trotoar lebar di sepanjang jalur protokol.

Jadi hemat energi dengan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi bisa dimulai dengan jalan kaki,” imbuhnya. ame

Sumber : Surya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s