Moral iklan kampanye presiden SBY?

Mempromosikan produk tentulah sah-sah saja dilakukan semua orang. Kampanye partai politikpun, merupakan bagian dari promosi produk, karena itu kampanye politik pun sah-sah saja. Apalagi saat ini adalah musim kampanye parpol. Meski sah-sah untuk berkampanye, ada aturan yang harus diikuti ketika berkampanye partai. Selain aturan legal yang berupa undang undang dan turunannya, ada juga “aturan etika” tentang kepatutan yang perlu diperhatikan.

Hari ini di koran Kompas 19 Agustus, terpampang iklan partai politik Presiden SBY sangat mencolok di halaman depan. Kompas bahkan mendesain “sampul” khusus untuk iklan partai Demokrat milik SBY. Iklan itu memang “cuma” ucapan selamat HUTRI ke 63 dari Presiden SBY selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Iklan itu sangat tidak etis, tidak pantas dalam moral demokrasi.

Presiden SBY sebagai Kepala Negara beriklan tentang partainya dan memanfaatkan momentum peringatan HUTRI. Beberapa hari ini jelas SBY terpampang di media pada peringatan HUTRI sebagai kepala negara. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Negara pada saat-saat peringatan HUTRI, presiden menjadi sorotan publik, kegiatannya diliput semua media cetak dan elektronik. Tapi keagungan tugas Kepala Negara dalam perayaan HUTRI itu dikotori dengan iklan yang muncul di Kompas hari ini.

Secara legal, pemuatan iklan itu, tidak melanggar aturan Pemilu. Tapi secara etis, seorang Kepala Negara harusnya tidak beriklan partainya pada saat ia menjabat. Apalagi di negara yang memaklumkan diri sebagai negara demokratis. Martabat Kepala Negara direndahkan dengan pemuatan iklan demikian. Apa jadinya kalau Kepala Negara berbuat demikian. Moral demokratis sudah diabaikan.

Kalau SBY sebagai kepala negara melakukan hal tercela seperti itu, maka sebentar, lagi para pejabat negara, Menteri, Gubernur dan Walikota, Bupati akan melakukan hal yang sama. Kalau ini sampai terjadi, maka demokrasi macam apa yang ada di negeri ini.

Dari segi media, pemuatan iklan oleh para pejabat negara, akan menambah penghasilannya.

One thought on “Moral iklan kampanye presiden SBY?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s