Jalan Raya Darmo Pun Lengang

Kompas, Senin, 25 Agustus 2008 | 14:07 WIB

Oleh:Aloysius B Kurniawan

Sekitar pukul 07.00, suasana Jalan Raya Darmo di jantung Kota Surabaya tidak seperti biasanya. Kali ini jalan itu tampak lengang. Hanya beberapa petugas dinas perhubungan dan polisi kelihatan berjaga- jaga dari depan Masjid Al-Falah (pertigaan Kebun Binatang Surabaya) sampai perempatan Darmo (persimpangan antara Jalan Raya Darmo dan Jalan Dr Soetomo). Keramaian manusia mulai terdengar di sekitar Taman Bungkul. Berbeda dengan ruas lain Jalan Darmo yang lengang, Taman Bungkul justru menjadi pusat menyemutnya warga Surabaya memanfaatkan momen Carfree Day.

Suara alat pengeras sahut-menyahut dari berbagai sumber. Setidaknya ada tiga acara berbeda yang berlangsung di taman tersebut. Tepat di pinggir Jalan Darmo, bunyi perkusi Kramat Ansamble yang nyaring siap mengiringi perjalanan tim sepeda Kompas-Polygon, yang tergabung dalam Ekspedisi Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan, ke Kabupaten Probolinggo. Pelepasan tim ekspedisi ini bertepatan dengan pelaksanaan Carfree Day Kota Surabaya.

Saat acara tengah berlangsung, di sisi selatan terdengar suara alunan band yang menyemarakkan kampanye pencegahan flu burung dari Tim Penanggulangan Flu Burung Muhammadiyah. Sementara itu di sisi barat jalan, beberapa kotak pengeras suara memutar lagu-lagu yang tidak kalah kerasnya.

Beberapa acara yang berlangsung dalam waktu dan tempat yang sama itu berlangsung lancar meskipun berjalan sendiri-sendiri. Tidak hanya acara di Taman Bungkul, momen Carfree Day juga dimanfaatkan berbagai macam komunitas masyarakat, mulai kelompok kesenian reog Ponorogo, komunitas sepeda Bike To Work, komunitas sepeda tua, kelompok skateboard, hingga komunitas Kebun Binatang Surabaya yang berpawai membawa kereta berikut seekor unta sebagai penariknya.

Selain komunitas, masyarakat sekitar Jalan Raya Darmo juga turut memanfaatkan sepinya jalan dengan bersepeda, berjalan kaki, dan bermain sepak bola. Keramaian tersebut terlihat mulai sekitar pukul 07.00 hingga pukul 09.00. Namun selepas pukul 09.00, Jalan Raya Darmo berangsur-angsur sepi.

Sosialisasi kurang

Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi mengakui, sosialisasi Carfree Day kali ini belum maksimal. Hal ini tampak dari antusiasme masyarakat yang hanya tampak pada pagi hari dan belum tertibnya sejumlah pengendara kendaraan bermotor yang masih nekat melintas di Jalan Raya Darmo.

“Tahun 2002, kegiatan serupa pernah diselenggarakan dan baru dimulai lagi tahun ini. Ke depan, kami akan mengundang sebanyak mungkin komunitas. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi gerakan bersama masyarakat untuk peduli dalam pengurangan emisi udara,” ujarnya.

Dengan dipilihnya ruas Jalan Raya Darmo yang rindang dan berada di pusat kota, kegiatan Carfree Day diharapkan dapat diikuti sebagian besar masyarakat Surabaya. “Jumlah perkantoran di sekitar jalan ini relatif sedikit sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas ekonomi yang ada. Bulan ini kami segera mengevaluasi acara ini,” tuturnya.

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Surabaya Togar Arifin Silaban berharap, kegiatan semacam itu dapat menjadi kampanye kepedulian terhadap lingkungan hidup. Melalui penghentian sementara kegiatan pemakaian kendaraan bermotor, masyarakat menyumbang perbaikan kualitas udara Kota Surabaya.

“Carfree Day sengaja dilaksanakan di pusat kota dan bukan di daerah pinggiran agar keterlibatan masyarakat semakin besar. Pada kegiatan berikutnya, kemungkinan kami akan memperpanjang rute jalan,”katanya.

Sumber : Kompas

One thought on “Jalan Raya Darmo Pun Lengang

  1. Selamat dan sukses CFD bulan Agustus yang lalu, ayo berikutnya lokasi bisa ditambah di jalan lain yang dianggap tidak terlalu bermasalah jika ditutup sampai jam 10.00 pagi, program jalan terus kami sangat mendukung…..

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s