Kalau paranormal menjadi walikota

Ditengah pelaksanaan International Workshop on Community Based Sloid Waste Management yang dilaksanakan di Surabaya akhir Agustus 2008, kami sempat ngerumpi dengan beberapa peserta. Saya sempat ngobrol dengan peserta dari Bogor. Dari ngobrol-ngobrol itu, nyerempet ke soal Pilkada Kota Bogor Saat ini paranormal Ki Gendeng Pamungkas (KGP) mencalonkan diri untuk menjadi Walikota Bogor. Seandainya Ki Gendeng Pamungkas terpilih, seperti apa ya, nantinya walikota yang paranormal.

Kami sempat bercanda, jangan-jangan nanti KGP menyantet atau menghipnotis calon pemilih sehingga semua memilih dia. Ketika warga Bogor rame-rame datang ke TPS, semua kena santet, dan akhirnya semua pilih KGP. Ketika akan pelaksanaan undian nomor urut calon. KGP sudah meramal bahwa dia akan dapat nomor urut 2, dan kemudian KGP datang ke kantor KPU dengan mobil yang sudah dicat pilox dengan nomor urut 2. Dan ternyata, hasil undian memberikan KGP dengan nomor urut 2.

Entah itu kebetulan, atau hasil hipnotis atau santet dari KGP, saya tidak tau. Tapi faktanya KGP mendapat nomor urut 2. Jangan-jangan warga Bogor, para pemilih tetap, tersugesti dengan hasil pengundian nomor urut calon itu. Kalau Pilkada adalah hasil santet, atau hipnotis, apa jadinya mekanisme Pilkada yang dimaksudkan untuk demokratis itu.??

Kami ngobrol lagi, kalau seandainya, nanti KGP menjadi walikota Bogor. Jangan-jangan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan Bogor nantinya didasarkan hasil dari “wangsit”. Tiba-tiba walikota memerintahkan penutupan Pasar Bogor, karena malamnya ada “wangsit” yang menitis dan mengatakan bahwa Pasar Bogor tidak sesuai dengan keinginan para leluhur. Atau keputusan-keputusan lain yang datang dari hasil “tapa”. Bagaimana kalau seorang Kepala Dinas tiba-tiba dipecat, karena ada “bisikan” ke paranormal yang mengatakan begitu.

Kami memang ngobrol sambil bercanda, dengan begitu, semuanya adalah andai-andai. Mengingat masih banyak masyarakat yang mempercayai hal-hal yang magis, maka pencalonan KGP untuk ikut Pilkada Walikota Bogor, menjadi isu yang akan banyak dibicarakan orang.

One thought on “Kalau paranormal menjadi walikota

  1. Saya tdk begitu tahu ttg pilkada di Bogor nanti, tapi jika dia mencalonkan diri, atas dasar latar belakangnya sbg paranormal bisa saja menarik minat masyarakat. Sama seperti, Syamsul yg latar belakangnya jg termasuk unik – kata2nya sih dulu penjual apa gitu, saya lupa. Akhirnya dia terpilih…

    Berandai-andai sih boleh-boleh saja.
    Tapi, kalo’ memang dia betul-betul ingin mencalonkan diri sbg walikota, saya rasa dia bisa membedakan situasinya. Lagian, kenapa dia tdk jd presiden saja dg santetnya itu.😆

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s