Anomali ?: Top post WP ya lowongan kerja PNS

Pada bulan Oktober, biasanya sejumlah instansi pemerintah mengadakan rekrutmen pegawai baru. Instansi Pusat dan Propinsi ramai-ramai mengeluarkan pengumuman, ada yang di koran, diwebsitenya, tapi masih ada juga yang hanya sekedar memasang pengumuman dipapan di kantornya. Meski caci-maki terhadap PNS terus menerus ada (bahkan kadang meningkat), ternyata minat orang untuk melamar jadi PNS tetap membludak. Dari tahun ke tahun jumlah pelamar bukannya surut tapi malah terus naik. Lucunya, banyak sekali blogger yang terus mencaci maki PNS di internet, tapi kalau diperhatikan ranking tertinggi posting selama beberapa minggu terakhir di WP Top post, justru adalah informasi lowongan kerja PNS.

Anomali bukan hal yang asing di Indonesia, termasuk para blogger. Posting para blogger yang mencaci maki PNS sampai habis-habisan, mudah sekali dicari dan didapat di internet. Kadang bahasanya sangat vulgar dan kasar seolah PNS bukanlah manusia yang perlu dipedulikan. Tak jarang diiringi dengan ancaman dan kutukan. Itulah yang bisa dijumpai di banyak blog.

Memang tidak bisa dipungkiri, banyak PNS yang kerjanya tidak baik, kelakuan buruk, menipu, bahkan korupsi. Kelakuan para PNS yang jelek dalam sistem kerja yang buruk sudah terjadi cukup lama, sehingga citra PNS di masyarakat sangat negatif. Kondisi ini membuat banyak orang mengebyah uyah,”pokoknya PNS jelek”.

Ketika informasi lowongan kerja PNS diumumkan dan menjadi top posting, dan dilengkapi dengan fakta bahwa pelamar PNS membludak, ternyata banyak orang yang berminat dan meniginginkan menjadi “kelompok caci-makian masyarakat” alias PNS. Apakah fenomena ini sekedar karena banyaknya pengangguran, atau karena mungkin banyak orang tidak lagi peduli apakah dicaci maki orang atau tidak, yang penting kerja. Jadi PNS pun tak apalah.

Sesungguhnya instansi pemerintah membutuhkan orang-orang terbaik untuk meneruskan tugas-tugas kepemerintahan. Banyaknya peminta yang melamar menjadi PNS hendaknya dimanfaatkan untuk menyeleksi calon-calon terbaik. Sehingga ada optimisme bahwa birokrasi pemerintah akan bisa diperbaiki oleh calon-calon mumpuni. Sehingga secara bertahap instansi pemerintah akan menjadi lembaga yang kredibel dan berintegritas tinggi. Majulah PNS.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s