Tips berkendara yang hemat

Di jaman harga minyak yang tinggi seperti sekarang, (walau harga minyak dunia turun beberapa minggu terakhir ini), orang akan berusaha mencari cara untuk meminimalkan pengeluaran untuk minyak dan enerji. Berbagai cara diupayakan untuk melakukan penghematan, termasuk berhemat di jalan raya yang bisa mengurangi pemakaian BBM. Ada beberapa tips ringan untuk berhemat berkendara, seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Mengendari mobil atau motor secara serampangan, selain berisiko kecelakaan lalu lintas, tetapi juga boros bahan bakar. Tips mengendarai mobil dan motor yang hemat adalah sebabagi berikut.

Aerodinamis; semakin ringan kendaraan, maka semakin rendah pemakaian bahan bakar. Barang-barang yang tidak diperlukan, terutama yang berat, sebaiknya dikeluarkan dari mobil, karena hanya akan menambah berat kendaraan. Hal itu akan menghemat pengeluaran dompet. Sebelum membeli mobil, pertimbangkan bentuk kendaraan yang aerodinamis, sehingga gesekan udara dengan kendaraan semakin kecil.

Rencana perjalanan; Sebelum anda melakukan perjalanan, rencanakan terlebih dahulu rute perjalanan yang akan ditempuh. Di kota-kota besar (terutama), banyak alternatif rute yang bisa dipilih. Pilihlah rute yang tingkat kemacetannya rendah. Kalau bisa hindarilah melalui perempatan yang banyak. Pilihlah rute yang paling singkat dan yang tidak terlalu ramai. Adakalanya harus memonitor informasi lalu lintas dari stasiun radio yang memberikan informasi berkala tentang kondisi lalu lintas.

Kecepatan stabil;  Kendaraan yang melaju tinggi sangat boros bahan bakar. Berkendaralah pada kecepatan sedang, dimana putaran mesin (RPM) tidak terlalu tinggi. Kecepatan tinggi juga mempercepat periode perawatan, dan ini adalah pemborosan. Akan tetapi kecepatan juga tidak boleh terlalu rendah. Sedapat mungkin jangan terlalu sering menginjak rem, artinya jangan melaju terlalu cepat ketika lalu lintas ramai. Karena pada kecepatan tinggi, anda harus sering menginjak rem pada lalu lintas yang ramai. Menginjak rem memboroskan enerji, karena merubah enerji kecepatan menjadi enerji panas.

Cara berhenti dan maju;  Ketika akan menuju perhentian lalu lintas, sedapat mungkin kurangi kecepatan dengan tidak menginjak rem kuat-kuat. Bila memungkinkan, ketika lampu pengatur lalu lintas sudah akan hijau, maka usahakan agar kendaraan tidak sampai berhenti total. Untuk memulai bergerak dari posisi stop, kendaraan membutuhkan enerji lebih banyak daripada untuk menaikkan kecepatan.

Tekanan ban; Tekanan ban sangat sensitif terhadap pemakaian bahan bakar. Ban yang tekanannya terlalu rendah, memiliki gaya gesek yang besar dengan jalan, dengan sendirinya akan lebih boros terhadap bahan bakar. Saat ini di Amerika, telah ada kendaraan yang dilengkapi dengan alat untuk mengontrol tekanan ban. Sehingga bila tekanan berkurang, akan segera ada indikator yang memberi informasi tekanan ban.

Catatan perjalanan;   Buatlah catatan perjalanan dan pemakaian bahan bakar. Berapa jarak yang ditempuh dan berapa banyak BBM yang terpakai. Dari catatan itu, akan diperoleh rata-rata pemakaian bahan bakar untuk kendaraan kita. Bila pemakaian BBM melebihi dari kondisi biasa, berarti ada yang harus diperbaiki pada mesin kendaraan anda. Kalau mau menggunakan kalkulator internet, silahkan lihat dan klik disini.

Dengan membiasakan melakukan tips diatas, mudah-mudahan anda tidak terlalu dalam merogoh kantong untuk membeli BBM.

4 thoughts on “Tips berkendara yang hemat

  1. Ada lagi yang perlu diperhatikan supaya menghemat BBM.
    1.Oli dan Tune Up.
    Biasakan memilih Oli yang tepat dengan kebutuhan mesin. Oli yang terlalu pekat hanya akan menghambat kerja mesin. Selain itu, Tune Up secara teratur akan membuat mesin bekerja dengan enteng, tidak boros BBM.

    2.Ban dan Spooring.
    Selain tekanan angin, memilih pola telapak dan setelan spooring yang tepat akan mengurangi hambatan gelinding.

    3.RPM Rendah.
    Hindari putaran mesin (RPM) tinggi, kecuali memang ingin menyalip atau akselerasi. Pertahankan putaran mesin pada (max) 2000 RPM di setiap gigi. Jangan ragu menggunakan gigi 5 saat kecepatan mencapai 40 km/jam.

    4.Alat Tambahan.
    Salah satu alat tambahan yang populer (dan murah-meriah) adalah penggunaan Hidrogen yang berasal dari proses hidrolisa. Telah banyak yang merasakan manfaatnya.

    Selamat mencoba berhemat BBM.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s