The Obama way melanda dunia, apa yang bisa dipetik

Sejarah mencatat, inilah pertama kalinya Amerika punya presiden berkulit hitam. Rasanya menjadi rasialis, kalau yang sering ditonjolkan tentang kulit hitamnya Barack Obama. Padahal sesungguhnya keberhasilan Obama bukan karena kulit hitamnya, tapi karena didukung strategi kampanye yang jitu. Strategi inilah yang seharusnya perlu dipelajari dan dicermati orang yang ingin sukses dalam pemilihan umum. Ilmu kampanye “The Obama way” lahir dan layak dipelajari.

Keberhasilan Omaba, memang fenomenal. Apalagi kalau diperhatikan, bahwa Obama pertama kalinya naik ke pentas nasional Amerika baru pada tahun 2004. Jadi dibanding Mc Cain, Obama, masih terbilang “bau kencur”. Sebelum Obama menyampaikan pidato pengantar kampanye kandidat Presiden dari Partai Demokrat John Kerry, hanya segelintir orang yang mengenal Barack Obama. Tapi dengan mantap dan jitu Obama merancang karir politiknya.

Keberhasilan Obama, memang bukan semata-mata karena kehandalannya, tapi boleh dikata, dia agak beruntung dan pintar memanfaatkan peluang secara tepat dan cermat. Mengapa ?. Ketika ia bertarung dengan Hillary Clinton memperebutkan kandidat Partai Demokrat, ia dengan cerdik memanfaatkan situasi dan menggalang dukungan. Hillary, yang dipuja banyak orang, tak mampu menandingi kepiawaan Obama.

Pertarungan terberat Obama sesungguhnya adalah ketika melawan Hillary Clinton. Dalam berbagai hal, Obama kalah reputasi dengan Clinton, tapi Obama, secara mantap membangun citra diri dengan program dan isu Amerika yang ia persiapkan sebagai tawaran keapda pemilih. Dibalik kepiawaiannya, ada sejumlah orang yang bekerja sangat luar biasa untuk merancang strategi dan teknik kampanye yang paling dibutuhkan oleh Rakyat Amerika pada saat itu. Obama memberi jawaban atas persoalan orang Amerika tepat waktu, itulah kunci keberhasilannya.

Ketika menghadapi Joh McCain, sebenarnya sudah terlihat bahwa “pertarungan” sudah tidak imbang. Obama, bukan tandingan McCain, dalam banyak hal. Setelah konvensi Partai Republik dan Partai Demokrat, sudah terlihat jelas bahwa Obama mengungguli McCain. Apalagi didukung dana kampanye yang sangat besar, yang dikumpulkan dengan cara yang tepat. Maka kemenangan Obama atas McCain, sebenarnya adalah buah dari rencana jitu yang smart. Bukan lagi sesuatu yang mengejutkan.

Bagi Indonesia, terutama mereka yang siap-siap maju untuk menjadi calon legislatif maupun calon kepala daerah bahkan calon presiden, strategi manajemen kampanye Obama layak dipelajari. Meski banyak hal dari manajemen kampanye Obama yang tidak dapat diterapkan di Indonesia, tetapi ada banyak hal yang bisa dipelajari dari keberhasilan Obama. The Obama way, membuka kesempatan baru untuk belajar lebih banyak bagaimana menjadi sukses untuk dipilih rakyat. Selain kecerdasan, strategi mantap, dan keuletan Obama, kordinasi “tim belakang layar” Obama, patut diacungi jempol.

Lihat saja, tidak lama lagi, buku-buku tentang Obama, “the Obama way” akan bermunculan, dan laris manis seperti kacang goreng. Siapa yang bisa memetik manfaat The Obama way, niscaya akan sukses juga. Saya yakin, manajemen kampanye The Obama way, juga akan dipelajari oleh para tim sukses pemilu.

One thought on “The Obama way melanda dunia, apa yang bisa dipetik

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s