Simulasi Perbaikan Kualitas Udara

Koran Sindo, Jatim, Minggu, 23 November 2008
CAR free day berusaha menjawab isu polusi udara di Kota Surabaya.Apa tujuan car free day? Berikut wawancara dengan Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Surabaya Togar Arifin Silaban.

Apa yang melatarbelakangi BPLH membuat program car free day?

Saya perlu kembali ke belakang sedikit. Jadi, background kenapa kami membuat program kegiatan hari tanpa kendaraan bermotor ini karena kami ingin mengajak masyarakat peduli mengenai kualitas udara. Kita semua harus tahu, kendaraan bermotor itu kan mengeluarkan asap atau sering kita sebut emisi. Setiap kendaraan bermotor, roda dua, roda empat, atau lebih, itu semua mengeluarkan asap yang ikut andil memengaruhi kualitas udara di Kota Surabaya.

Seberapa besar pengaruh kendaraan bermotor pada kualitas udara di Surabaya?

Berdasarkan data-data yang kami peroleh, jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di Surabaya sekarang sekitar 1 juta unit. Jumlah ini masih bisa bertambah karena arus kendaraan dari Mojokerto, Sidoarjo,Gresik, Bangkalan, semua juga beroperasi di Surabaya.

Dalam satu hari, jumlah kendaraan di Kota Surabaya bisa mencapai 1,2 juta unit. Bisa dibayangkan,seluruh kendaraan itu mengeluarkan asap dan kita yang hidup di Surabaya,mau tak mau harus menghirupnya. Lama-lama kota ini menjadi tak sehat, termasuk warganya. Karena itu,kami ingin mengajak masyarakat agar mempertahankan kualitas udara agar bisa tetap baik dan sehat untuk anak cucu kita mendatang.

Sejauh mana pengaruh emisi gas buang terhadap kesehatan manusia?

Dua minggu lalu saya mengikuti seminar internasional. Ada satu penelitian di Bangkok terhadap kesehatan polisi lalu lintas dibanding polisi yang bekerja di kantor. Hasilnya,pencemaran dalam saluran pernapasan atau paru- paru antara polisi yang di lapangan dan yang di kantor jauh sekali bedanya. Polisi yang di lapangan lebih banyak tercemar saluran pernapasannya. Ini menguatkan alasan perlunya dan manfaat program hari tanpa kendaraan bermotor.

Sebenarnya apa kandungan emisi gas buang yang membahayakan kesehatan?

Jadi, dari knalpot kendaraan bermotor itu ke luar banyak gas kimia, di antranya karbondioksida (CO2), karbon monoksida (CO), dan senyawa hidrokarbon, sebagai hasil pembakaran bahan bakar. Gas-gas ini tidak baik untuk kesehatan manusia.Nah, kalau proses pembakarannya kurang sempurna, konsentrasi ini gas-gas berbahaya itu bisa lebih besar dan menjadi lebih buruk bagi kesehatan manusia.

Mengapa pelaksanaan car free day selama ini ada jeda?

Hari tanpa kendaraan bermotor kami jeda sebentar agar bisa secara bersama-sama mencari upaya, bagaimana meningkatkan kualitas udara secara mikro.Tapi sebenarnya, yang paling penting adalah bagaimana kita peduli terhadap lingkungan.

Apa konsekuensi car free day pada arus lalu lintas?

Kami memang rencanakan akan menutup Jalan Raya Darmo dari kendaraan bermotor, mulai dari jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. Selama empat jam tidak ada kendaraan bermotor yang melintas mulai sekitar perempatan Jalan dr Soetomo sampai dengan perempatan Masjid Al- Fallah. Ini seperti pada 24 Agustus lalu,kami tutup.Jadi konsekuensinya, ada arus lalu lintas yang biasa menggunakan ruas Jalan Raya Darmo harus dialihkan ke jalan-jalan sekitarnya.

Apakah akan ada pengecualian?

Tidak ada satu pun kendaraan bermotor yang boleh lewat, kecuali kendaraan untuk keperluan darurat seperti ambulans atau mobil pemadam kebakaran.Karena kebetulan di Raya Darmo ada RS Darmo. Jadi kalau memang darurat sekali, kami masih berikan tempat untuk lewat. (soeprayitno)

 

Sumber : Sindo

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s