Sambutan positif yang menjanjikan

Pelaksanaan Car Free Day (CFD) hari Minggu (23/11) kemarin di Surabaya, berlangsung dengan lancar. Tingkat kemacetan di jalan-jalan relatif tidak seburuk ketika dilaksanakan pada bulan Agustus silam. Antisipasi petugas dilapangan dari jajaran kepolisian, Dinas terkait cukup baik, sehingga penumpukan lalu lintas relatif mudah diuraikan. Meski secara umum lebih lancar dari pelaksanaan sebelumnya, saya masih mencatat beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya.

Secara umum pelaksanaan CFD kemarin dinilai lebih lancar dari sebelumnya. Indikator itu, setidaknya dari tingkat kemacetan di sekitar Jalan Raya Darmo. Pada bulanAgustus lalu, ketika dilaksanakan CFD, sekitar Raya Darmo, terutama jalan Diponegoro dan jalan Dinoyo, sangat padat. Tapi kemarin, ketika saya coba keliling dengan “sepeda angin”, ternyata lebih lancar dibanding pada bulan Agustus lalu.

Indikator lain adalah keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media. Kalau pada bulan Agustus, banyak keluhan dari masyarakat yang disampaikan langsung melalui berbagai stasiun radio. Maka minggu kemarin, saya tidak mendengar keluahan yang berarti seperti sebelumnya. Semoga saja itu berarti bahwa masyarakat sudah mulai memahami, dan mereka bisa mengantisipasi dengan tidak melewati sekitar Raya Darmo pada waktu pelaksanaan CFD.

Meski belum berani menyimpulkan bahwa pada pelaksanaan CF, kemacetan relatif tidak terlalu masalah, tapi beberapa indikator diatas adalah tanda sambutan positif dari masyarakat. Sejumlah media Surabaya yang menuliskan liputannya hari ini, juga memuat sambutan positif terhadap CFD. Ini merupakan modal bagi pelaksanaan CFD berikutnya.

Beberapa kendala teknis masih saja kami jumpai. Tapi itu tidak menjadikan kami surut. Secara teknis, kendala-kendala itu wajar dihadapi. Ada sebagian, bahkan sulit dihindari. Tapi, akan bisa diminimalkan pada pelaksanaan CFD berikutnya. Sambutan masyarakat yang positif, menjanjikan pelaksanaan CFD yang lebih terjadwal.

Terimakasih kepada warga Surabaya, terimakasih kepada seluruh petugas lapangan, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan jajaran yang lain. Terimakasih ju ga kepada mitra kerja yang sudah ikut mendukung pelaksanaan CFD Surabaya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s