Serunya Karambol di Tengah Raya Darmo

Sindo, Senin, 24 November 2008
DI hari biasa, jangankan beraktivitas, menyeberang Jalan Raya Darmo pun susahnya minta ampun.Lalu lalang kendaraan superpadat dan tak memberi kesempatan pejalan kaki untuk menyeberanginya.

Tapi bagi yang menyimpan ”dendam” terhadap Raya Darmo,kemarin bisa leluasa menuntaskannya. Jangankan menyeberang, leyeh-leyeh saja boleh. Mau membawa meja karambol ke tengah jalan protokol yang terkenal sibuk itu,silahkan. Seperti sekelempok pria dari RT 06 RW III kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo ini.

Dilihat dari raut mukanya,Ekohadi,20,Saiful Arif, 28, Maskur, 23, dan Adi Prasetyo, 26, jelas belum mandi. Meski begitu mereka asyik main karambol di tengah jalan dan tak menghiraukan hilir mudik orang-orang yang sedang berolah raga di kawasan Taman Bungkul.

”Ni hukumannya, tolet,” kata Arif sembari mencorengkan kanji ke pipi Ekohadi. Permainan karambol ini digelar sejak Jalan Raya Darmo resmi ditutup pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Ide main di tengah jalan raya itu muncul tiba-tiba. Seperti kebanyakan orang yang memanfaatkan lengangnya Raya Darmo dalam car free day kemarin, mereka tak ingin kehilangan momen itu.

Tapi kalau berolahraga seperti yang dilakukan banyak roang,mereka enggan. Setelah sempat bingung mau apa,dipilihlah per-mainan karambol. Soalnya, hanya dalam kesempatan seperti kemarin bisa karambol di Raya Darmo.Kalau di hari biasa, yajangan mimpi.”Asyik juga main karambol di sini, kan gakbiasa,”ungkap Arif.

Sementara dua bocah kecil, Nanda Cyntia Paramita,8, dan Stevani, 9, itu tampak asyik bermain lompat tali. Jika biasanya mereka hanya bisa bermain di sepanjang trotoar Jalan Raya Darmo, kemarin dua siswa SD Negeri Sawunggaling Surabaya itu langsung terjun ke jalan. Jalan yang ditempuhnya tidak pendek,lebih dari 100 meter.

Kedua bocah itu mengaku hari-hari seperti kemarin lah yang memang mereka nantikan. Sejak hari Jumat (21/11) lalu,keduanya sudah mendapat kabar akan ada car free day dari selebaran yang dibagikan oleh petugas satpol PP.

Bisa Jadi Suplemen Pembelajaran

Program car free day yang mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Termasuk para guru dan siswa di Surabaya. Mereka menilai program tersebut banyak dampak positifnya, terutama untuk memperbaiki kualitas udara di Surabaya.

Menurut Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Surabaya Masmuk, selama ini pembelajaran di sekolahbanyakmenyajikanmateri lingkungan. Secara teori,materi- materi tersebut memberikan gambaran luas mengenai kesehatan lingkungan. Nah,untuk praktiknya,car free day inilah contoh yang nyata.

Para siswa bisa langsung memahami apa maksudnya kesehatan lingkungan. Karena itulah pihaknya berupaya mengusulkan car free day masuk sebagai suplemen pembelajaran di sekolah. ”Minimal siswa tahu bagaimana bahayanya kalau sebuah kota terus dipenuhi asap kendaraan.Kota tersebut butuh waktu untuk menghindari asap tersebut,” ujar Masmuk, ketika ditemui di sela-sela car free daykemarin.

Hal senada diungkapkan Ketua Forum Guru Tidak Tetap (GTT) Surabaya Joko Surono. Ia menilai car free day bisa jadi ajang yang tepat untuk mengenalkan siswa terhadap kesehatan lingkungan.Apalagi sebelumnya juga ada program penanaman pohon untuk menjaga paru-paru kota.

”Program car free day cocok dengan program penghijauan yang dilakukan siswa dan guru di sekolah.Ke depan kami siap melakukan kerja sama untuk mendukung car free day,”ungkapnya. Ia berharap ke depan car free day tidak hanya dila-kukan di ruas Jalan Raya Darmo Surabaya.

Di jalan-jalan lain di Surabaya juga bisa diterapkan hal yang sama.”Ini upaya yang baik untuk membantu Pemkot dalam mengatasi masalah polusi,”tandasnya. Sementara kemarin sekitar 20.000 guru terlihat memadati poros Jalan Raya Darmo Surabaya. Mereka mengikuti acara jalan sehat serta membaca koran SINDO bersama di tengah jalan. (emi harris/aan haryono)

Sumber: Sindo

 

 

One thought on “Serunya Karambol di Tengah Raya Darmo

  1. Mas aku mau tanya, sebenarnya ukuran karambol berapa ya ? dan apakah karambol itu termasuk permainan internasional? Peraturannya giman trus dapat dipertandingkan? beritahu aku ya ? itu motifasi aku biar lebih giat lagi berlati karambol… ….

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s