Kultur, perilaku, atau kebiasaan ?

Membiarkan sungai dan kali kotor ?
Membiarkan lingkungan tercemar ?
Apakah ini yang kita mau ?

Beberapa dari kita pasti masih ingat nyanyian orang Jawa. Nyanyian itu berbunyi: Ee…mantene teko, Ee…beberno kloso, Ee…klosone bedah, Ee…tambalen jadah, Ee…jadahe mambu, Ee…pakakno asu, Ee…asune mati, Ee…buangen nang kali. Nyanyian yang bernada guyon ini kurang lebih berarti saat temanten datang, siapkan tikar, namun karena tikarnya robek, maka tamballah dengan jadah (jenis kue dari ketan, red). Sayang, jadahnya basi. Maka kasihkan ke anjing. Eh, anjingnya mati. Lantas buanglah ke sungai.

Tentu, nyanyian seperti ini tidak lahir tiba-tiba. Ia selalu menjadi bentuk artikulasi dari tradisi atau cara berpikir suatu masyarakat. Lewat nyanyian itu bisa dipastikan bahwa nenek moyang kita dulu menganggap sungai sebagai tempat pembuangan. Tempat membuang sampah atau binatang yang mati. Karena itu, kalau sekarang masih banyak warga kita yang membuang sampah di sungai, mereka tampaknya masih belum lepas dari tradisi kakek moyang mereka.

(Diambil tanpa ijin dari Arif Afandi)

Mengutip tulisan diatas, maka keiginan untuk membersihkan kali adalah suatu perjalanan konsisten yang panjang. Konsistensi dibutuhkan, agar terjadi perubahan perilaku. Dimana-mana yang namanya perubahan perilaku membutuhkan waktu yang panjang. Faktor pendidikan juga ikut berperan dalam merubah perilaku.

Pada saat kampanye digalakkan untuk membersihkan kali, pada saat yang sama, banyak orang tetap mengotori kali. Ketika sebagian orang susah payah membersihkan sungai, pada saat itupula ada orang yang tanpa merasa bersalah membuang limbah ke sungai.

Kalau diperhatikan kutipan, diatas, bisa jadi mengotori kali itu merupakan kebiasaan, yang bermetamorfosa menjadi perilaku, dan mungkin juga menjadi kultur. Metamorfosa ini harus dipotong, agar kali tidak menjadi tempat membuang limbah. Perilaku mengotori kali harus diputus, untuk memberi ruang kehidupan bagi generasi masa datang.

2 thoughts on “Kultur, perilaku, atau kebiasaan ?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s